BLANTERORBITv102

Peran Internet Cepat Membantu Perempuan Merdeka di Masa Kini

Jumat, 11 November 2022

Perempuan di masa kini, tidak hanya berkecimpung di sumur, dapur, kasur. Namun dengan kecanggihan teknologi di masa kini, bisa berkarya dan berdaya di mana saja. Sedikit cerita dulu saya tidak pernah terbayang menjadi ibu yang bekerja di ranah domestik. Karena saat itu, saya berpikir ibu rumah tangga itu tidak keren hanya beraktivitas di rumah saja. 

Namun, ketika saya menikah suami meminta untuk bekerja di rumah karena kami akan sering nomaden untuk mengikuti tugasnya. Dan sejak saat itu kami sepakat saya akan menjadi ibu rumah tangga.

Saya menyimpan cita-cita saya bekerja di perusahaan multinasional dan menjadi dosen. Insya Allah ilmu yang saya dapatkan selama kuliah akan tetap bermanfaat, tentunya untuk keluarga kecil kami. 

Tidak terasa 8 tahun sudah menjalankan profesi yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya dan alhamdulillah bahagia dengan pilihan saya. 

Menjadi seorang ibu di masa kini memiliki tantangan yang sangat besar, saya selalu mengupgrade diri dalam pengasuhan dan diri. Dengan kecanggihan teknologi saat ini. ilmu yang diperlukan dapat mudah didapatkan. 

Pengalaman pribadi yang saya rasakan ketika awal pernikahan belum mahir memasak, akhirnya dengan mencari di mesin pencari resep-resep yang dibutuhkan dengan mudah di dapatkan. Sehingga kemampuan memasak pun menjadi meningkat. 

Kemudian ketika anak pertama lahir, saya memerlukan banyak informasi dalam merawat anak bayi baru lahir. Dengan adanya internet, meskipun saya tinggal di pedesaan yang jauh dari kota, informasi yang dibutuhkan menjadi mudah didapatkan. 


Perempuan Merdeka 

Perempuan Merdeka Memahami Kondisi Dirinya. 
 Perempuan merdeka sangat paham dengan dirinya, ia melakukan kegiatannya dengan sadar. Tanpa memaksakan diri misal jika ia sudah kelelahan maka ia beristirahat sejenak, ia paham alarm tubuhnya berbunyi untuk bekerja dan beraktivitas. 


Perempuan Merdeka Bertanggung Jawab dengan Setiap Pilihannya 
Setiap keluarga memiliki tujuan yang berbeda-beda. Perempuan yang merdeka ia yang bertanggung jawab atas pilihan nya secara sadar. Sehingga tidak ada penyesalan  di kemudian hari. Karena perempuan yang mengenal dirinya ia akan memancarkan cahaya bagi lingkungannya. kemudian mereka pun akan melakukan aktivitas hariannya dengan penuh kesadaran. 
 
Perempuan Merdeka Ingat dengan Fitrahnya
Perempuan merdeka menjadi madrasah pertama bagi anak-anak mereka yang merupakan aset terpenting dari suatu peradaban negeri. Dengan mendidik generasi muda menjadi generasi yang tangguh dan handal serta mempunyai keimanan yang kuat akan memberikan ketahanan keluarga yang kuat. Jika hal ini diimbangi dengan kepahaman serupa dari berbagai keluarga akan mewujudkan ketahanan masyarakat dan ketahanan negara yang kuat pula.

Perempuan Merdeka Membekali dengan Ilmu dan Mengajarkannya
Perempuan merdeka memegang peran penting dalam negara. Untuk itu menjadi perempuan merdeka sigap dalam berbagai tantangan kehidupan perlu membekali diri dengan ilmu dan ketakwaan, agar tidak mudah putus asa dalam setiap keadaan.


Perempuan Merdeka sebagai Penyebar Kedamaian
Perempuan sebagai menyebarkan kedamaian dan menikmati keberagaman. Dengan tetap menghargai dan menghormati perbedaan untuk menjaga persatuan. Salah satunya dengan menginformasikan hal yang penting dan benar, bukan informasi yang hoaks dan meresahkan. Apalagi di tengah efek pandemi yang seolah menjajah seluruh lini. Kemudahan informasi harus diimbangi dengan kecerdasan literasi. Dalam hal ini peran penting perempuan berkemajuan adalah memberikan bekal pada generasi mudanya untuk bijak menggunakan teknologi dan media.

Peran Internet bagi Perempuan Merdeka 

Internet membantu saya dalam berkembang sebagai individu, karena saya menjadi perempuan yang merdeka dalam hal mendapatkan informasi, ilmu dan juga teman. Karena saya memiliki kebebasan dalam meningkatkan kemampuan. Salah satunya dengan menulis blog. 

Salah satu alasan saya mengapa menyukai aktivitas ini adalah karena bebas menulis apapun yang inginkan sesuai dengan minat, dan informasi yang disampaikan kepada pembaca. 

Setelah belajar mengenai blog ini. Ternyata banyak hal yang perlu di asah, karena menulis blog tidak hanya menulis saja, namun banyak hal yang perlu dipelajari, mengoptimasi SEO, membuat artikel yang menarik, membuat review produk, desain, dan banyak lagi.

IndiHome Membantuku Menjadi Ibu Berdaya dari Rumah 

Aktivitasku sebagai ibu yang juga menekuni dunia blogger sangat terbantu oleh paket internet cepat IndiHome. Karena aktivitas yang dilakukan lebih banyak di rumah namun informasi yang didapatkan terkini. 

Saya sering melakukan kelas-kelas melalui zoom atau melakukan acara IG live dengan beberapa komunitas, paket internet cepat menjadi andalan ketika berkegiatan di dunia maya. 

Sekilas pengalaman menggunakan paket internet cepat ini sudah cukup lama mulai tahun 2018, dan dua kali pindah kota. IndiHome tetap menjadi pilihan terbaik untuk saya. 

IndiHome memiliki layanan internet unlimited di rumah sudah menjadi kebutuhan kami sekeluarga, beruntungnya saya bertemu dengan IndiHome sebagai pendukung aktivitas harian di rumah. Kebutuhan saya untuk mendapatkan informasi terbaru dan sarana belajar untuk anak menjadi mudah karena IndiHome memiliki akses internet cepat. 

IndiHome yang merupakan anak perusahaan dari Telkom Grup adalah salah satu penyedia layanan internet murah saat ini. Paket yang disediakan mulai dari 200 Ribuan perbulan. Selain itu, keunggulan lain yang saya rasakan kecepatan dan kestabilan dalam mengakses internet. 



Sumber : Suaramuhamdiyah.id (2021, 17 Agustus). Perempuan Merdeka Berkemajuan 
https://suaramuhammadiyah.id/2021/08/17/perempuan-merdeka-berkemajuan/




Author

Rizky Arya Lestari

Saya seorang ibu rumah tangga yang memiliki hobi menulis, tentang parenting, manajemen, keuangan keluarga, dan pengembangan diri.

  1. Enak ya sekarang perempuan jadi bisa berbuat lebih karena internet cepat. Yang penting tetap di relnya

    BalasHapus
  2. Benar banget.. Dengan IndiHome jadi terbantu perempuan dalam menunjang aktivitas sehingga perempuan jadi mandiri dan merdeka

    BalasHapus
  3. Iya betul.mbak, alhamdulillah ada internet. Perempuan bisa lebih mengoptimalkan perannya sebagai ibu, sekaligus perempuan berdaya. Bisa tetap menghasilkan cuan walaupun hanya dari rumah. Bisa tetap berkarier juga walaupun dari rumah.

    BalasHapus
  4. Internet bagai dua sisi yang berbeda ya, sebetulnya akan sangat bermanfaat untuk digunakan, tidak perlu pergi kemana2 cukup duduk di rumah atau dimana saja

    BalasHapus
  5. bener banget, meski di rumah bukan alasan buat males-malesan. perempuan jadi bisa tetap dan terus berdaya tanpa harus terlalu banyak meninggalkan keluarga

    BalasHapus
  6. Saya merasakan sekali internet telah mengubah banyak hal dihidup saya sebagai seorang ibu.

    BalasHapus
  7. Saat ini tanpa internet tuh bagai sarapan tanpa nasi,lapar
    Soalnya informasi yang dibutuhkan semua dengan akses internet dulu

    BalasHapus
  8. Betul sekali. Perempuan dan internet itu dua hal yang gak bisa dipisah di era digital saat ini. Seorang IRT pun juga harus update berita atau informasi yang bisa didapat lewat internet

    BalasHapus
  9. Perempuan merdeka tetap ingat dengan fitrahnya. Sepakat dengan ini Mbak. Walau kebebasan berkarya dan berdaya terhampar luas, tapi wanita tetap perlu ingat rem-rem atau pakem yang sudah diberikan Sang Pencipta. Beruntung kini ada internet yang bisa membuat perempuan tetap bisa berusaha dari mana saja, termasuk dari rumah.

    BalasHapus
  10. internet memang sangat banyak membantu ya, mbak bagi perempuan dalam mengembangkan diri dan menambah ilmunya. Sekarang juga tidak harus ke luar rumah lagi kalau mau mengembangkan kemampuan karena sudah banyak pelatihan online yang bisa diikuti

    BalasHapus
  11. Setiap perempuan merdeka menentukan pilihan masing-maing sesuai kondisi yang dihadapi. Tetap semangat yaa perempuan Indonesia yang merdeka, cerdas berkarya dalam bidang apapun.

    BalasHapus
  12. Seandainya ada mesin waktu lalu Ibu Kartini melompat ke masa sekarang. Dia pasti hepi banget liat perempuan zaman now bisa berkarya lewat internet.

    BalasHapus
  13. Semoga dengan adanya kemudahan internet di rumah ini bisa membantu banyak aktivitas dan informasi yang diperlukan. Karena memang sebegitu urgensinya literasi digital dan pemanfaatannya dengan baik.

    BalasHapus
  14. Ibu berdaya dan berkarya, harus! Kan ada internet cepat, manfaatkan peluang yang ada

    BalasHapus
  15. Wah sama loh kita mbak 8 tahun sudah jadi ibu rumah tangga. Padahal suka kerja kantoran hehe. Tp selalu bahagia ya memberi kontribusi ke keluarga

    BalasHapus
  16. Iya bener jadi ibu masa kini harus melek teknologi ya karena kenyataan sehari-hari selalu berkaitan dengan teknologi untukng ada indihome sebagai provider inet Indonesia yg terpercaya

    BalasHapus
  17. Paket indihome emang terbaik membantu keluarga indonesia menghadapai tantangan zaman

    BalasHapus
  18. Alhamdhulilah sekarang ada internet ya kita bisa cari semua informsi yg dibutuhkan seputar parenting atau pemgembangan diri. Jd ibu ga boleh kudet

    BalasHapus
  19. InsyaAllah kita bisa menjadi perempuan merdeka versi diri sendiri ya, Mbak. Alhamdulillah, adanya paket internet dari IndiHome, memudahkan langkah kita untuk jadi sosok perempuan yang merdeka berkarya secara digital

    BalasHapus
  20. Semoga kita kita semua bisa menjadi perempuan merdeka, sehingga keluarga dan anak-anak pun ikut merasakan kebahagiaan bila ibu dan istri merdeka.

    BalasHapus
  21. Iya jadi IRT memang ngga mudah apalagi dengan anak balita harus pandai bagi waktu agar semua pekerjaan berjalan lancar ya, daku saat baru nikah dan pindah ikut suami langsung beli laptop buat modal jadi penulis buku hehe

    BalasHapus