BLANTERORBITv102

5 Kegiatan Healing Hemat

Jumat, 28 Oktober 2022


Saat ini sering sekali mendengar kata healing. Healing memiliki makna  ketika seseorang merasakan perasaan sedih, emosi, terpuruk, khawatir, cemas, tidak bersemangat. Semua hal tersebut membuat kamu ingin melakukan healing, untuk beristirahat dan menenangkan diri dari masalah-masalah tersebut. Nah beberapa hal yang dapat ibu lakukan di rumah yakni : 


  • Menulis 

Ya, aktivitas menulis dapat digunakan sebagai terapi penyembuhan bagi seseorang dengan cara menuliskan berbagai perasaan yang sedang dialaminya. Kecewa, sedih, senang, depresi sedih. Setelah berhasil menumpahkan segala bentuk sampah emosi yang ada dalam diri. Beban di pundak akan terasa ringan. 


  • Menggambar 

Seseorang yang memiliki sampah emosi dapat melakukan menggambar sebagai salah satu terapi penyembuhan. Ketika seseorang menggoreskan tinta ke dalam kertas dan mencampurkan banyak warna kedalamnya. Dan setelah kegiatan tersebut ada perasaan lega dalam diri. Warna-warna tersebut mencerminkan emosi yang terjadi dalam masalah yang sedang dihadapi. 


  • Tidak Melakukan Apapun 

Bagi seseorang yang sedang memiliki beban berat, tidak ada salahnya mengambil jeda dalam aktivitas dengan beristirahat tidak berkegiatan supaya tubuh memiliki energi yang penuh saat kembali beraktivitas. 


  • Memasak 

Memasak dapat menjadi salah satu metode healing . Karena memasak membutuhkan kreatifitas dan olah rasa. Hal ini bisa dicoba ya. Singkirkan gawai lalu pergilah ke dapur dan buatlah sesuatu sehingga ada sesuatu kepuasan yang dirasakan suasana hati yang baru ketika selesai melakukannya. 


  • Bermain Bersama Anak 

Bagi yang memiliki trauma masa kecil bermain bersama anak menjadi sebuah metode healing. Karena kita akan memenuhi hal-hal yang belum terpenuhi di masa kecil. 


Mungkin saja ada beberapa kegiatan lain yang belum ku sebutkan. Kalian bisa isi di komen di bawah ya. 


Author

Rizky Arya Lestari

Saya seorang ibu rumah tangga yang memiliki hobi menulis, tentang parenting, manajemen, keuangan keluarga, dan pengembangan diri.

  1. Ahaaa ternyataaa healing ga nelulu identik dgn plesir/traveling yg rentan bikin dompet boncosss kan ya.
    .trima kasiiihh idenya mbaaa

    BalasHapus
  2. wkwkwk setuju banget, salah satu kegiatan healing yg akhir2 ini aku lakukan adalah : tidak melakukan apapun. hahaha..
    kata temen2ku, ayok keluar healing gitu lohh,
    padahal di rumah dengan tiduran leyeh2 juga udah termasuk healing buatkuuu hihi

    BalasHapus
  3. Selain menulis, biasanya healing dengan berkebun atau ngasih makan ikan peliharaan...bawaannya jadi relaks aja liat bunga aneka warna.

    BalasHapus
  4. Nonton film bisa juga mbak. Banyak film bagus yang bisa ditonton sebagai sarana healing. Tinggal pilih genre yang kita sukai saja.

    BalasHapus
  5. Hahaha tidak melakukan apapun. Asli ini relaxing banget loh kalau buat aku, kalau di aku jadi bisa banyak mikir dan itu kesenangan. Salah satu relaxing aku itu nyetir karena bisa mikir juga

    BalasHapus
  6. Healing oh healing. Yup, betul sekali Mbak, healing gak melulu traveling ke suatu daerah. Cukup di rumah saja pun, bisa membuat hati tenang kok. Banyak kegiatan yang bisa dipilih, lho. Gak banyak mengeluarkan banyak budget tentu saja

    BalasHapus
  7. Aku setuju banget. Agar terhindar dari kejenuhan, aku biasanya cenderung diam, gak melakukan apapun. Jadi batu di rumah dan menikmati apa yang ingin aku nikmati. Gogoleran tanpa gadget dan hanya menghirup wangi bantal anak-anak.
    Rasanya mereka tumbuh dengan sehat hingga saat ini, mashaAllah~

    Kaya gitu, aku bisa sampai ketiduran.
    Alhamdulillah~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masya Allah. akhir-akhir ini aku pun sering melakukannya mbakk

      Hapus
  8. Mba saya ngakak baca judulnya, maaf ya karena saya emang receh banget sih. Bener sih 5 (lima) kegiatan healing hemat yang mba sebutkan itu, tapi kalau saya jadinya nggak healing mba karena tipe nggak bisa masak hehehehhe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak apa-apa mbak setiap ibu memiliki cara sendiri supaya relax

      Hapus
  9. Nah iya healing bisa juga hemat kok. Aku biasa menulis atau tidak melakukan apapun. Me time sendirian bisa jadi healing bagikuuu

    BalasHapus
  10. menulis bagiku healing tersendiri, lalu menepi sendirian lihat senja misalnya, cieee anak senja cie hihihi

    BalasHapus
  11. Tidak melakukan apa pun, jadi pengen cobain deh haha. Cuma pasti gabisa karena masih ribet dengan bocah hihi

    BalasHapus
  12. Sebenarnya banyak ya mbak, aktivitas healing yang murah meriah
    Tidak melakukan apapun juga termasuk healing ya mbak
    Rehat sejenak

    BalasHapus