BLANTERORBITv102

Keunggulan HP POCO M3 Pro 5G

Sabtu, 11 Maret 2023


Setelah menggunakan HP POCO M3 Pro 5G kurang lebih dua tahun, aku merasakan kelebihan yang dimiliki oleh HP ini. Dengan harga yang terjangkau sekitar 2 jtan. Namun performa HP ini bisa mendukung aktivitasku sehari-hari. Pastinya penasaran kan apa saja sih kelebihan dari HP POCO M3 Pro 5G ini. 


1. Desain Khas POCO yang "Berani"

Kapan sih seri POCO tidak menawarkan desain bodi yang lain dari biasanya? Mulai dari POCO X3 NFC, POCO F2 Pro, hingga F3, semuanya punya bodi belakang yang terlihat catchy dan menonjol. Tak terkecuali pada POCO M3 pro 5G yang menampilkan bilah pada bagian kamera belakang, memanjang ke arah bawah.

Tak lupa, terlihat juga tulisan POCO yang terlihat besar di bawah modul kamera, tidak jauh berbeda dengan tema desain yang dimiliki POCO M3 reguler.


Terdapat pula simbol bertuliskan 5G yang terletak di pojok kiri bawah gadget, seakan menegaskan ke para konsumen kalau POCO M3 Pro ini memang sudah future proof dalam urusan konektivitas jaringan mobile.


Bagi para pengguna yang tidak ingin terkukung pada opsi warna terbatas, tidak perlu khawatir. Selain menawarkan warna POCO Yellow yang sudah jadi ciri khas seri POCO, perangkat juga dirilis dengan dua opsi warna lainnya yang tak kalah menarik yakni Power Black dan Cool Blue.


Satu lagi nih, ada fakta yang cukup mengejutkan soal HP ini. Dibandingkan dengan POCO M3 reguler, justru varian Pro ini punya tingkat ketebalan dan bobot bodi yang lebih kecil! POCO M3 punya berat 198 gram yang sedikit lebih besar ketimbang POCO M3 Pro 5G dengan bobot 190 gram.


2. Layar Lega dengan Tampilan Full HD Plus

Memang tidak seperti seri Redmi Note 10 yang semua produknya sudah pakai panel Super AMOLED, untuk POCO M3 Pro 5G ini Anda perlu ikhlas ditawarkan panel IPS LCD. Kendati begitu, layarnya bukan IPS kalengan melainkan punya kualitas tampilan yang memukau di kelasnya.


Dengan ukuran 6,5 inci pada resolusi Full HD Plus, Xiaomi ingin memberikan pengalaman pengguna yang ciamik saat menonton, menikmati tampilan aksi pada game, ataupun sekadar kegiatan harian.


Pastinya tampilan layar pun sudah tidak lagi menawarkan poni tetesan air seperti ponsel murah biasa, melainkan sudah tampilkan DotDisplay dengan lensa depan yang terletak di tengah. Layar memiliki kontras rasio 1500:1 yang pastinya mampu berikan tampilan warna yang menyenangkan serta memanjakan mata.


3. Dynamic Switch 90 Hz

Ini juga merupakan kualitas layar yang cukup dinanti oleh penggemar POCO, yakni opsi laju penyegaran tinggi. Soalnya, POCO M3 Pro 5G memang sudah hadirkan refresh rate 90 Hz yang pastinya lebih unggul dari POCO M3 reguler yang hanya 60 Hz.


Tidak itu saja, bahkan laju penyegaran ini mengusung pengaturan Dynamic Switch yang dapat mengubah-ubah opsi menjadi 30 Hz, 50 Hz, 60 Hz, dan 90 Hz berdasarkan aktivitas pengguna. Ini guna menghindari pemakaian refresh rate tinggi yang sia-sia pada kegiatan yang layarnya statis sehingga baterai pun tidak terlalu boros.


Laju penyegaran tinggi 90 Hz dinilai dapat membuat tampilan layar menjadi lebih smooth dan mulus, karena mampu melakukan refresh dengan frame yang lebih banyak setiap detiknya.

4. Punya performa yang baik 

Namanya juga seri POCO, sudah pasti senantiasa menghadirkan performa tinggi untuk segala kebutuhan, tidak terkecuali bermain game. Sudah tidak lagi hadir dengan Snapdragon 662 yang dirasa kurang maksimal performanya, kini perangkat ditenagai chipset 5G dari MediaTek.

Ya, perangkat bergengsi ini mengandalkan sokongan SoC berupa Dimensity 700 5G yang berjalan pada manufaktur 7nm sehingga punya efisiensi daya yang cukup bagus.

Konfigurasi octa core-nya terdiri dari dua inti ARM Cortex A76 berkecepatan hingga 2,2 GHz. Tidak lupa tersemat juga dua inti efisiensi daya berupa ARM Cortex A55 dengan clock speed 2.0 GHz


5. 48 MP Triple Camera

Tentu, bicara soal HP, tidak mungkin tidak membahas soal performa kameranya. POCO M3 Pro 5G sendiri lebih ditujukan untuk keunggulan all-rounder alias di segala sisi, itu mengapa perangkat berusaha menyediakan fitur yang menyenangkan juga di bagian kameranya.


Sayangnya memang tidak ada peningkatan dalam hal ini dibandingkan dengan POCO M3 reguler. Soalnya, masih gunakan jumlah dan resolusi yang sama. Keduanya sama-sama tawarkan lensa 48 MP sebagai kamera utama, dengan tambahan dua lensa lainnya yakni kamera makro 2 MP dan juga sensor potret 2 MP.


Adapun fitur-fitur fotografi yang bisa meningkatkan pengalaman sesi foto antara lain: mode malam, mode AI, time lapse, slow motion, dan pastinya tidak ketinggalan juga mode malam.


Pun dipakai perekaman video juga tetap menyenangkan, mendukung resolusi hingga 1080p pada frame rate 30 FPS. Tentunya, dengan kehadiran stabilisasi juga agar perekaman video tidak menimbulkan jello effect dan tidak shaky. Sedangkan bagi pecinta selfie, tampaknya perlu mentolerir resolusi lensa yang terbilang kecil yakni 8 MP saja.


6. Baterai Super Awet

Poco M3 Pro 5G didukung baterai berkapasitas 5.000 mAh dengan fast charging 18W. Disebutkan pula, di dalam kemasan penjualan sudah terdapat charger 22,5W.

Berdasarkan pengalaman kami, baterai perangkat bisa terisi penuh kurang dari dua jam. Kendati demikian, baterai Poco M3 Pro 5G cukup bertahan lama.


Berdasarkan penggunaan, baterai Poco M3 Pro 5G bisa bertahan hingga 2 hari jika hanya dipakai untuk membuka kamera, nonton streaming YouTube. 

Tentunya, masa pakai baterai juga bergantung pada penggunaan. Namun, saat dipakai untuk kegiatan normal, satu kali pengisian daya sudah cukup untuk membuat perangkat bertahan setidaknya hingga 1,5 hari.

Masih berdasarkan pengalaman pemakaian, baterai Poco M3 Pro 5G juga tidak mudah panas ketika dipakai untuk membuka aplikasi kamera atau media sosial.

Namun, ketika dipakai main gim antara 30 menit hingga 45 menit, bodi belakang perangkat mulai hangat. Namun demikian, performa gim tidak turun atau mengalami lag karena hal ini.

Itulah 6 keunggulan yang aku rasakan selama menggunakan HP POCO M3 Pro 5G. Semoga membantu bagi para ratu rumah tangga yang sedang mencari informasi HP baru. 


Author

Rizky Arya Lestari

Saya seorang ibu rumah tangga yang memiliki hobi menulis, tentang parenting, manajemen, keuangan keluarga, dan pengembangan diri.