BLANTERORBITv102

Cerita Ade Novel Inspiratif Nia Ramadhani

Senin, 06 Maret 2023

Ketika ditanya tentang buku favorit, semua buku favorit untukku. Namun saat ini, sulit sekali menyelesaikan membaca buku karena anakku yang kedua sedang aktif sekali. Dalam tulisan kali ini, aku akan membahas buku novel inspiratif yang berjudul Cerita Ade salah satu buku yang aku selesaikan di awal tahun.

Aku tertarik dengan buku ini, saat Nia mengisi salah satu podcast ternama. Ia menceritakan pengalamannya saat ia direhabilitasi dengan suaminya. Ia menemukan kepingan puzzle yang hilang selama ini, dan saat direhabilitasi ya merasa bahwa ia bisa melewati kehidupan yang baru, begitupun hubungan ia dengan suaminya. 

Siapa yang sih yang tidak kenal dengan Nia Ramadhani. Wanita cantik, kaya raya dan multitalenta. Tak disangka wanita yang memiliki 3 orang ini mengkonsumsi obat terlarang. Ia menyatakan bahwa hidupnya terasa kosong saat itu, sehingga ia bisa terjerumus ke barang haram tersebut. Terlebih ia ternyata melakukannya tidak hanya sendiri namun bersama supir dan juga suaminya. 

Berita yang cukup mengejutkan, apalagi ya merupakan seorang menantu dari orang terpandang. Nia sendiri saat ia tertangkap, ia khawatir dengan keluarga dan 3 anaknya yang masih sangat kecil. Terlebih saat penangkapan dilakukan di kediamannya dan disana ada anak-anaknya yang sedang bermain bersama. 

Ia pun menyerahkan diri kepada para petugas polisi yang saat itu ingin menangkapnya. Dan menyerahkan barang bukti sendiri. Ia melakukan hal tersebut karena khawatir dengan kondisi anak-anaknya. 

Kemudian ia dibawa ke kantor polisi bersama supir dan tidak lama, suaminya pun datang karena ia melakukan hal yang sama dengan nia yaitu mengkonsumsi obat terlarang. 

Sekilas tentang buku 

Buku ini berbentuk novel kisah inspirasi dari Nia ramadhani yang biasa dipanggil oleh keluarganya Ade. Ade kecil yang telah ditinggal Papanya karena bercerai dengan ibunya. Ia ikut di rumah neneknya dan kakaknya. 

Kehidupannya dimulai dari sana, ia mulai mengikuti casting-casting iklan dan menjadi bintang iklan susu anak, dan lambat laun ia mulai mengisi beberapa sinetron anak dan remaja. 

Dari sanalah karirnya mulai naik. Dan ia menjadi Artis sinetron yang sangat terkenal dan bayaran yang cukup fantastis saat itu. Ia dapat membelikan orang tuanya rumah mobil, dan apartemen bahkan membeli mobil yang paling mahal saat itu. 

Dengan mudahnya mendapatkan uang sehingga ia menjadi ratu pesta dari club ke club bersama teman-teman artisnya. 

Nia yang cantik itu, sangat ingin memiliki hubungan harmonis dengan kedua orang tuanya. Saat usia ke-17 tahun ia mengundang kedua orang tuanya di pesta ulang tahunnya. Sejak saat itu, hubungan mereka menjadi harmonis kembali meskipun Papa dan Mamanya sudah memiliki pasangan masing-masing. 

Ditengah karirnya yang sedang menuju puncak, ia bertemu dengan Arlan (Ardi Bakrie). Ia melihat Ardi yang sangat jauh dewasa karena umurnya yang terpaut sangat jauh, setelah lama saling berkenalan dan Arlan berhasil mendekati Nia. Mereka memiliki hubungan. 

Keluarga Ardi yang sangat terpandang membuat Ia menjadi sedikit menjaga jarak. Namun, ternyata Ardi dan kedua orang tuanya pun sangat menyukai Nia. Dan Akhirnya mereka menikah. 

Nia yang sangat cantik, cerdas dan pekerja keras ini. Menjadi ratu di istana Ardi. Nia yang mudah beradaptasi dan selalu belajar dan menghargai orang lain bisa dengan mudah bergabung dengan keluarga Ardi. Akhirnya mereka pun menikah. Dalam pernikahannya ia telah dikaruniai 3 orang anak.


Pelajaran yang dapat diambil dalam Novel Cerita Ade

Tidak semua orang yang ingin berbagi kejadian dalam hidupnya apalagi jika berhubungan dengan kasus narkoba. Makanya menjadi menarik dan luar biasa kala Nia Ramadhani menulis Novel Cerita Ade yang didalamnya juga menceritakan tentang keluarga broken home, romansa kisah cinta hingga bagaimana cara bangkit dari masalah kasus narkoba yang menjerat Nia kala itu.

Novel yang dieditori oleh kang Pidi Baiq ini benar-benar bisa jadi novel inspiratif di penghujung tahun 2022. Mengapa saya bilang seperti itu? Ini semua karena kita bisa menikmati alur cerita dan perjuangan tokoh utama dalam novel dalam mencapai kesuksesan.

Bukan hanya itu saja, ketika tokoh dalam novel juga mengalami kejadian terjerat narkoba, maka diceritakan dengan detail bagaimana proses rehabilitasi dan pasca rehabilitasinya. Apalagi di dalam buku, kala Nia menceritakan salah satu sosok orang penting dalam hidupnya. Ialah Ivan sebagai sang supir pribadi Nia.

Ada percakapan menarik antara Nia dan Ivan dalam buku Cerita Ade, tertulisnya seperti ini, “kenapa si Van, dulu, gak ngajarin gue sholat?”. Percakapan sederhana tetapi memiliki nilai religi dan penyesalan. Banyak sekali hikmah dari kejadian tersebut dalam buku ini yang bisa diambil salah satunya menjadi sosok religius dan lebih mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Aku sih percaya, bahwa memang setiap orang pernah berbuat salah. Tetapi bagaimana proses bangkit dan mengambil hikmah atas kesalahan masa lalu itu yang lebih penting.

Selain itu, dalam buku ini dijelaskan bagaimana proses Nia dalam melakukan regulasi emosi yang ia rasakan. Bagaimana ia menjadi lebih terbuka dengan suaminya dan merasakan nyaman jika sedang bersama. 

Dan setelah mengikuti rehabilitasi ia merasa menemukan tujuan hidupnya kembali, dan kekosongan yang sudah lama hilang menjadi terisi kembali dengan energi baru dan energi positif yang ada dalam diri Nia ramadhani. 

Sehingga menjadi buku favorit aku di awal tahun ini. 

Selama membaca ya. 



Author

Rizky Arya Lestari

Saya seorang ibu rumah tangga yang memiliki hobi menulis, tentang parenting, manajemen, keuangan keluarga, dan pengembangan diri.