BLANTERORBITv102

Alasan Mengapa Pantai Menjadi Tempat Wisata Terbaik Untuk Refreshing

Rabu, 08 Maret 2023

 


Sebagian besar orang sepakat bahwa jika Kita melakukan perjalanan wisata ke pantai maka pasti akan memiliki kondisi yang lebih baik dan segar setelah pulang dari perjalanan wisata tersebut. Hal itulah yang menjadikan wisata pantai hingga saat ini masih menjadi favorit banyak orang untuk menjadi tempat refreshing terbaik baik untuk sendiri maupun bersama keluarga tercinta.


Berikut ini beberapa alasan  mengapa wisata pantai menjadi destinasi terbaik.


Berdasarkan beberapa penelitian ilmiah lain juga menyebutkan bahwa pantai sangat baik untuk kesehatan otak dan mental karena membuat perasaan dan pikiran menjadi bahagia, tenang, dan kembali bersemangat.


Psikolog Richard Shuster, PsyD menjelaskan bahwa warna biru air laut ternyata juga memegang peran penting mengapa banyak orang memilih pantai. Biru mempunyai efek menenangkan dan damai. Deburan ombak dan suara air laut juga memberikan kenyamanan sistem saraf sehingga orang bisa merasa rileks. Bukan hanya itu, aroma pantai yang khas juga bisa menyeimbangkan ion negatif di dalam tubuh.


Ada literatur lain yang menyatakan bahwa kecenderungan memilih pantai sebagai tujuan liburan ada kaitannya dengan kepribadian. Biasanya, mereka yang ekstrovert atau suka melakukan hubungan sosial dan terbuka yang lebih suka ke pantai.


Pemandangan yang luar biasa

Wisata pantai memiliki pemandangan yang sangat eksotis dan bisa membuat suasana menjadi lebih tenang hanya dengan memandangnya. Dengan pasir putih dan hamparan air laut yang berwarna biru, serta deburan ombaknya yang bisa mengaktifkan sistem syaraf dalam tubuh sehingga jauh lebih santai dan rileks.


Tempat terapi terbaik untuk jiwa

Wisata pantai bisa menjadi tempat untuk terapi jiwa yang baik. Jika Anda sedang mengalami stress akibat tekanan kerja atau hidup hingga alami insomnia akut maka disarankan untuk datang ke pantai. Suasana pantai bisa menjadi media terapi yang bagus untuk membuat kejiwaan Anda menjadi lebih baik.


Tempat yang tepat untuk melihat sunrise dan sunset

Bahwa wisata pantai menjadi satu tempat yang sangat tepat untuk menikmati pemandangan sunrise dan sunset yang terbaik spotnya. Pesona sunrise atau sunset disertai dengan deburan ombak yang menerjang karang bisa membuat suasana menjadi lebih syahdu yang membuat seseorang lebih mensyukuri apa yang ada dalam hidupnya.


Jarang memiliki pengalaman menikmati pemandangan pantai

Wisata pantai jelas akan dipilih oleh mereka yang menyukai pantai namun sangat jarang mendapatkan kesempatan untuk menikmati keindahan pantai. Apalagi jika pantai yang dikunjungi memiliki pemandangan alam yang masih sangat alami.


Mengubah mood menjadi lebih baik

Hembusan angin pantai menenangkan dan mengubah suasana hati menjadi lebih tenteram. Warna biru pada laut dan langit menurut penelitian bisa memberikan inspirasi pada rasa tenang dan tenteram.


Meningkatkan kekebalan sistem imunitas tubuh

Berwisata di pantai ternyata juga bisa membuat tubuh Kita lebih sehat. Dari menghirup udara pantai yang segar dan baik untuk paru-paru, berendam air laut yang sejuk hingga mendapatkan manfaat dari paparan sinar matahari yang mengandung vitamin D yang bagus untuk kesehatan tulang.


Pantai tempat yang menyenangkan

Liburan ke pantai bisa menjadi tempat yang pas untuk bersenang-senang. Banyak kegiatan menarik yang bisa dilakukan ketika memilih liburan ke pantai. Seperti berenang, main banana boat, snorkeling hingga diving. Terlebih lagi saat sunset tiba, pantai akan menawarkan sisi romantis yang asyik untuk disaksikan bersama pasangan.


Pantai tempat bersantai

Banyak lagu yang mengaitkan pantai sebagai tempat bersantai dalam lirik-liriknya. Memang tidak dapat dipungkiri bahwa pesona pantai mampu menghipnotis pengunjungnya dengan beragam keindahan. Menikmati cantiknya panorama pantai sambil duduk atau berjemur dengan ditemani minuman favorit pasti akan membuat pikiran lebih rileks.


Banyak spot menarik untuk swafoto

Sudah bukan rahasia lagi jika pantai-pantai di Indonesia terkenal akan keindahannya. Sayang rasanya jika liburan ke suatu destinasi yang indah tanpa mengabadikannya dalam sebuah frame foto atau video. Laut biru, desiran ombak, dan pasir putih, bakal menjadi studio dadakan para kaum hawa saat liburan ke pantai. Dari sisi manapun, hasil fotonya pasti akan terlihat lebih ciamik.



Tips Berwisata Ke Pantai Agar Rileks Maksimal


Gunakan sunscreen atau sunblock

Tips lain yang wajib Anda lakukan adalah menggunakan sunscreen atau sunblock ketika berlibur ke pantai. Ada perbedaan yang signifikan antara sunscreen dan sunblock, yaitu sunblock bisa melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB, sedangkan sunscreen hanya melindungi kulit dari sinar UVB.


Seperti yang kita ketahui, daerah pantai cenderung terasa lebih panas dan terik, apalagi bagi Indonesia yang merupakan negara tropis. Sinar matahari bisa menyebabkan kulit terasa seperti terbakar, oleh karenanya Anda wajib menggunakan sunscreen atau sunblock. Anda bisa menyesuaikan tingkat SPF sunscreen atau sunblock yang akan Anda gunakan sesuai dengan aktivitas dan cuaca di destinasi tujuan Anda. Penggunaan sunscreen atau sunblock juga bisa Anda aplikasikan dalam kegiatan sehari-hari.


Gunakan pakaian yang mudah menyerap keringat

Tips selanjutnya yang bisa Anda terapkan ketika berlibur ke pantai yaitu mengenakan pakaian yang mudah menyerap keringat. Cuaca pantai yang panas tentunya perlu disesuaikan dengan pakaian yang Anda kenakan. Anda bisa mengenakan pakaian yang ringan, adem, dan memudahkan Anda untuk bergerak.


Anda bisa menggunakan kemeja pantai, kaos, celana pendek, dan pakaian lain yang nyaman. Pakaian yang ringan juga bisa memudahkan aktivitas Anda jika ingin berenang atau snorkling, sebab pakaian akan terasa lebih berat jika terkena air, oleh karenanya penggunaan pakaian yang ringan untuk ke pantai sangat disarankan.


Bawa kotak P3K

Tips berikutnya yang perlu Anda terapkan adalah membawa kotak P3K. Selama berlibur ke pantai, tentu ada resiko-resiko yang mungkin terjadi. Seperti yang kita ketahui, beraktivitas di pantai memiliki risiko terkena serpihan karang atau batu kecil yang bisa melukai Anda.


Meskipun kawasan wisata pantai umumnya sudah dilengkapi layanan medis, namun Anda tetap perlu berjaga-jaga dengan membawa kotak P3K. perlengkapan standar yang perlu Anda miliki adalah plester, perban, gunting, kapas, dan cairan antiseptik. Lakukan penanganan medis sesegera mungkin jika Anda mengalami luka selama beraktivitas di pantai.


Gunakan topi dan kacamata

Tips terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan topi dan kacamata selama berlibur ke pantai. Penggunaan topi bisa melindungi kepala dari paparan panas matahari yang bisa membuat Anda sakit kepala. Selain topi, Anda juga perlu menggunakan kacamata hitam atau kacamata anti sinar UV yang bisa melindungi mata Anda dari pantulan sinar matahari yang menyilaukan. Topi dan kacamata selain bisa melindungi diri dari paparan sinar matahari langsung, juga bisa dijadikan sebagai aksesoris tambahan untuk berswafoto dan menyempurnakan outfit liburan Anda.




Author

Rizky Arya Lestari

Saya seorang ibu rumah tangga yang memiliki hobi menulis, tentang parenting, manajemen, keuangan keluarga, dan pengembangan diri.