BLANTERORBITv102

6 Tempat Makan Favorit di Kota Tasikmalaya

Kamis, 09 Maret 2023
Kota Tasikmalaya yang merupakan kota asal ku, jarak tempuh yang harus dilalui untuk ke kota tersebut kurang lebih 162 km dari kota Bandung. Tasikmalaya memiliki macam tempat kuliner tidak kalah dari kota lain. Beberapa tempat yang menjadi tempat favorit aku dengan keluarga ketika pulang kampung. 


1.Mie Bakso Laksana

Tempat makan di Tasikmalaya Mie Bakso Laksana terletak di Jalan Pemuda Nomor 5, Yudanegara, Kota Tasikmalaya. Di tempat makan ini Anda akan disuguhkan mie bakso yang memiliki rasa enak, sedap dengan paduan bumbu yang pas. Tak hanya itu, Mie Bakso Laksana juga menyuguhkan berbagai menu seperti bakso yamin lengkap dengan bakso, pangsit, dan babat. Tempat makan ini buka dari pagi hari dan menawarkan harga yang terjangkau.

Mie baso ini memiliki cita rasa yang unik dibandingkan tempat bakso biasa, aku paling suka yamin manis. Rasa yami nya sangat pas banget. Nggak terlalu manis dan tekstur mienya yang kenyal, ditambah es campur yang rasanya beda dari yang lain. 

Kalo saat lebaran makan disini bisa antri sampai menunggu meja yang kosong. Padahal di kota Tasik sendiri memiliki tempat makan bakso yang bermacam-macam tapi tempat ini menjadi tempat favorit aku dan keluarga. 

2.Nasi Cikur Panyerutan Kanten 43

Nasi Cikur Panyerutan berada di Jalan Tentara Pelajar, Empangsari, Tawang, Nagarawangi, Kecamatan Cihideung, Kota Tasikmalaya. Tempat makan yang satu ini telah beroperasi sejak puluhan tahun yang lalu. Kantin 43 menjadi salah satu kuliner khas legendaris di Tasikmalaya. Ciri tersendiri dari tempat makan ini yaitu pemilihan cikur atau kencur yang digunakan, yaitu menggunakan kencur muda yang bertunas dan umbinya berwarna putih. Hidangannya disajikan lengkap dengan sambal goreng kentang, telur dan juga kerupuk.

Nasi cikur ini rasanya nasi yang dicampur dengan kencur, rasanya hangat, asin dan gurih. Kalo aku suka makan ini, dengan lauk ikan goreng kering dan lalapan rasanya mantap. Bagi orang yang suka banget kencur ini menjadi sesuatu hal yang baru dan inovasi makanan daerah yaitu nasi kencur. 

3. Kupat Tahu Mangunreja

Kupat Tahu Mangunreja berlokasi di jalan Garut-Tasikmalaya. Tempat makan ini ternyata sudah beroperasi sejak zaman penjajahan Belanda, atau sekitar era 1955-an. Satu porsinya terdiri atas potongan kupat dan tahu yang dicampur bumbu kacang kental dengan rasa yang sedap dan gurih. Cara memasak yang digunakan pun masih tradisional dengan memakai tumbukan dan kayu bakar sehingga memiliki rasa khas tersendiri.

Terkait rasa kupat tahu mangunreja memiliki cita rasa yang berbeda dari kumat tahu lain. Bumbunya dicampur dengan kedelai sehingga bumbunya tidak hanya terdiri kacang dan sedikit kental. Ini merupakan tempat favorit dan wajib kalo pulang ke kampung halaman meskipun jaraknya jauh dari rumah. Tapi setiap pulang ke Tasik wajib banget makan tahu kupat ini. 

4. Nasi Tutug Oncom Benhil 

Nasi Tutug Oncom Benhil berada di dadaha samping kampus upi. kecamatan Tawang, Kota Tasikmalaya dan menjadi salah satu kuliner khas Tasikmalaya. Hidangannya yang terkenal yaitu tutug oncomnya. Tak hanya itu, tempat makan ini buka dari pukul 07.00 hingga pukul 14.00 Selain tutug oncom, Anda juga dapat mencoba masakan khas Sunda lainnya yang tidak akan kalah sedap.

Tutug oncom ini merupakan oncom yang di goreng kemudian di buat sambal dan dicampur dengan nasi putih. Rasanya sangat unik karena rasa tutug oncom benhil berbeda dari tempat lain. Yang paling menarik menu disini hanya dengan mendoan basah, bala-bala (bakwan) sambel cikur dan sambel goank. Namun rasanya sangat enak. Jika Anda berkunjung ke tempat ini harus rela mengantri karena tempat yang sempit, sehingga kita harus menunggu giliran untuk makan.

5. Saung Ranggon

Saung Ranggon berlokasi di Jalan Leuwi Dahu Nomor 81, Indihiang, Kota Tasikmalaya. Tempat makan ini favorit karena menyajikan hidangan lezat dengan suasana pedesaan sejuk nan asri. Hidangan yang disuguhkan mengusung konsep masakan Sunda seperti gurame asam manis, gurame cobek gombyang dan juga ceker pedas andalan. Jika Anda akan kemari, jangan lupa untuk memesan reservasi terlebih dulu karena Saung Ranggon selalu ramai pengunjung terutama saat liburan.


Tempat ini semakin luas, sekarang di area ini memiliki berbagai tempat untuk rekreasi bersama keluarga seperti flying fox, naik becak mini dan tempat untuk berswafoto.


6. Bubur Ayam Kalektoran H. Zaenal 

Berdiri sejak tahun 1969, Bubur Ayam Kalektoran H. Zaenal ini juga menjadi kuliner legendaris di Tasikmalaya. Pertama kali berjualan menggunakan gerobak keliling hingga akhirnya membuka warung bubur ayam sendiri di rumah, bubur ayam milik H. Zaenal ini tidak pernah sepi peminat. Bubur ayam ini sangat cocok untuk dijadikan menu sarapan di pagi hari.

Memiliki tekstur bubur yang tidak terlalu encer dengan topping suwiran ayam kampung yang melimpah, ditambah ati ayam, cakwe dan juga daun bawang yang hampir mengisi 45% dari mangkuk-nya membuat para pelanggan tidak merasa rugi meskipun harga satu porsinya relatif lebih tinggi dari bubur di tempat lain.

Rasanya yang beda dibanding rasa bubur Tasik lainnya menjadi hal yang wajib dikunjungi ketika pulang ke kampung halaman yaitu kota Tasikmalaya. 

Ini 6 Tempat favorit untuk wisata kuliner di kota Tasikmalaya. Jadi jika Anda datang ke kota ini wajib mencicipi makanan yang menurut aku legendaris dan memiliki cita rasa berbeda dibandingkan makanan lainnya. 


Author

Rizky Arya Lestari

Saya seorang ibu rumah tangga yang memiliki hobi menulis, tentang parenting, manajemen, keuangan keluarga, dan pengembangan diri.