BLANTERORBITv102

Menumbuhkan Inner Strength pada Anak melalui BISKUAT ACADEMY 2022

Selasa, 15 November 2022



Setiap anak adalah bintang dalam keluarga, karena setiap anak unik dan memiliki potensi baik yang unggul di bidangnya. Sebagai orang tua kita memiliki peran bagaimana menumbuhkan Inner Strength pada Anak. Sehingga ia bisa tumbuh sesuai dengan potensi yang dimilikinya. 

Apa itu Inner strength ? 
Inner strength adalah kekuatan positif yang ada dalam diri setiap orang yang dapat diasah dan dilatih serta akan tercermin pada kekuatan karakter yang dimilikinya. Inner strength dapat berupa kekuatan karakter seperti berani, percaya diri, tangguh, baik hati dan sifat-sifat positif lainnya.

Kekuatan diri ini sangat dibutuhkan untuk mendorong potensi dalam diri setiap anak. Dengan menumbuhkan kekuatan positif ini, mereka akan memiliki karakter yang kuat. Sehingga anak-anak memiliki Inner strength akan menjadi generasi yang tangguh dan kuat untuk mencapai cita-citanya.

Aku memiliki dua orang anak, anak pertama berusia 6 tahun dan anak kedua berusia 2 tahun. Keduanya memiliki karakter  berbeda, dan potensinya pun berbeda, sehingga orang tua berperan menumbuhkan inner strength pada anak.

Peran orang tua dalam menumbuhkan inner strength pada anak 

Memberikan rasa aman dan nyaman sehingga anak merasa percaya diri
Hal yang aku lakukan kepada anakku adalah bagaimana ia merasa aman dan nyaman dalam lingkungan. Misalnya saat ia memilih sekolah TK dilibatkan dalam memilih sekolah. Begitu pun dalam hal-hal kecil misalnya ia ingin memilih makanan apa yang ia sukai ketika makan bersama dengan keluarga. Dari sanalah ia pun mulai berani main di lingkungan rumah tanpa di ditemani orang tua. 

Memberikan ruang untuk mengeksplorasi agar mendapatkan pengalaman baru
 Memiliki anak balita di rumah jangan berharap rumah bersih karena bagi mereka semua tempat adalah bermain. Rumahku saat ini penuh coretan di tembok padahal aku dan suami sudah mempersiapkan white board untuk mereka melakukan kreativitas. Bagiku rumah merupakan tempat untuk melakukan eksplorasi untuk anak-anak. Adapun kegiatan yang dilakukan misalnya memasak, mencoba resep makanan dan lain-lain. 

Memberi kesempatan berteman dan bermain dengan orang lain sehingga anak belajar bersosialisasi (social skills)
Aku memberikan anak-anak untuk berteman dan bermain dengan orang lain di lingkungan rumah. Sehingga dari sana anak-anak bisa menumbuhkan kemampuan sosialisasinya. Tentunya dengan mengajarkan adab-adabnya terlebih dahulu misalnya bertamu, berbicara dan sopan santun.

Belajar dari kesalahan agar bertanggung jawab atas apa yang diperbuat
Ketika anak melakukan suatu kesalahan misalnya ia menumpahkan makanan di meja sehingga berceceran, maka yang harus ia lakukan adalah merapikan makanan tersebut. atau hal kecil lainnya adalah membereskan mainan setelah bermain. merapikan pensil warna yang berserakan setelah memakainya. 

Memberikan kesempatan untuk mengerjakan pekerjaannya sendiri (mandiri)
Misalnya makan sendiri, memakai pakaian sendiri menyiapkan kebutuhan sekolah. kadang menyiapkan bekal sendiri misalnya ia menyiapkan makanan ringan dan susu untuk bekal sekolah. 

Memberikan dukungan ketika anak mengerjakan apa yang ia sukai. 
Hal yang paling penting adalah orang tua mendukung dengan hal yang ia sukai. misalnya saat ini Anakku sedang menyukai menggambar dan melukis maka aku sediakan medianya di rumah. Dan ia pun berhasil menyelesaikan gambar-gambar tersebut dengan senang dan baik. 

Mengajarkan anak untuk menghadapi dan mengontrol segala perasaan dan emosinya. 
Dalam hal yang paling utama adalah bagaimana anak dapat mengontrol perasaan dan emosinya, hal yang aku lakukan sejak mereka kecil adalah mengenal dulu emosi sedih, senang, kecewa, dan marah. Setelah ia mengenal perasaannya bagaimana melakukan kontrol dari berbagai perasaan yang ia rasakan. Misalnya saat ia Marah kita kontrol dengan membaca Astagfirullah, duduk atau berwudhu. Setelah itu mulai merasa tenang bisa kembali beraktivitasnya. 

Bersyukurnya aku memiliki anak yang komunikatif sehingga bisa mereka mudah mengungkapkan, menceritakan apa saja kepadaku. 

Mengajarkan anak untuk mau berbagi dan membantu orang lain
Aku bersyukur memiliki anak-anak yang memiliki empat yang cukup tinggi. sehingga sangat mau membantu orang lain. misalnya anak pertama sudah mau membuatkan susu untuk adiknya. 

Setelah orang tua menjalankan peran-peran tersebut makan akan tumbuh inner strength pada anak dengan ciri-ciri sebagai berikut : 



Seseorang yang memiliki mimpi besar bisa mewujudkan mimpinya. pengembangan kekuatan baik dari dalam (inner strength) dapat disalurkan melalui olahraga sepak bola, secara spesifik dengan mengikuti Sekolah Bola Online BISKUAT ACADEMY 2022.
 

Memiliki ‘kekuatan baik dari dalam (inner strength)’ adalah hal yang penting bagi setiap anak dan membutuhkan dukungan penuh dari orang tua dengan cara mengenali minat dan bakat khusus yang dimiliki anak. Kekuatan ini bisa dikembangkan melalui pengembangan potensi anak dalam bidang olahraga, contohnya olahraga sepak bola. Guna memberikan wadah untuk mewujudkan mimpi anak Indonesia lebih besar dari sebelumnya, Biskuat kembali menyelenggarakan BISKUAT ACADEMY 2022 dalam format sekolah bola online.

Lebih dari itu, berkomitmen untuk menghadirkan inovasi terbaru sekaligus memberikan manfaat lebih luas, tahun ini Biskuat menghadirkan Physical Education (PE) Teacher Workshop sebagai bagian dari rangkaian BISKUAT ACADEMY 2022. Kegiatan ini merupakan dukungan kepada para pahlawan dibalik pengembangan potensi sepak bola anak yaitu guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (Penjasorkes) di tingkat Sekolah Dasar melalui Workshop Pengembangan Kompetensi pada tanggal 15 Oktober 2022.

Andhika J. Lestari selaku Senior Brand Manager Biskuat menjelaskan bahwa tahun ini BISKUAT ACADEMY kembali hadir di tahun keempat pelaksanaannya. “BISKUAT ACADEMY konsisten hadir untuk mengembangkan skill yang dibutuhkan generasi muda agar dapat menjadi pemain sepak bola handal dengan senantiasa mendukung ‘kekuatan baik dari dalam (inner strength)’ anak, seperti berani, percaya diri, baik hati, dan tangguh. Melalui olahraga sepak bola, Biskuat percaya bahwa anak dapat mengembangkan berbagai karakter kuat dan positif saat berinteraksi dengan orang lain maupun diri sendiri,” jelas Andhika J. Lestari.

BISKUAT ACADEMY 2022 kembali mendapatkan dukungan penuh dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) dan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) sebagai wujud nyata komitmen Biskuat untuk terus menggali potensi sepak bola anak Indonesia. 

Minhajul Ngabidin, S.Pd., M.Si selaku Widyaprada Ahli Madya Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi mengungkapkan dukungan dan apresiasi kepada Biskuat atas penyelenggaraan BISKUAT ACADEMY 2022. “Sejak tahun 2021, Kemendikbud Ristek memberikan dukungannya kepada BISKUAT ACADEMY yang sejalan dengan visi dan misi Ditjen PAUD, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kemendikbud Ristek dalam mewujudkan pelajar Pancasila yang bernalar kritis, kreatif, mandiri, beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, bergotong-royong, dan berkebinekaan global,” ungkap Minhajul Ngabidin, S.Pd., M.Si. 

Hal ini juga sejalan dengan pernyataan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga. Dr. Raden Isnanta, M.Pd. selaku Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga menjelaskan, “Sejak tahun 2019 Kemenpora memberikan dukungan penuh kepada BISKUAT ACADEMY karena memiliki kesamaan visi dalam hal peningkatan prestasi olahraga dan persiapan generasi sepak bola masa depan Indonesia.”

Melalui program BISKUAT ACADEMY 2022 para peserta bisa mendapatkan pengalaman berharga untuk pengembangan dirinya. “Peserta yang mengikuti Sekolah Bola Online BISKUAT ACADEMY 2022 berkesempatan untuk mendapatkan pelatihan dengan kurikulum yang disusun oleh pelatih bersertifikat UEFA yaitu Coach Timo Scheunemann, bimbingan langsung dari pemain Tim Nasional Indonesia, bahkan memenangkan kesempatan tur ke stadion sepak bola di Eropa dengan mengikuti tata cara yang sudah tersedia,” tambah Andhika J. Lestari.

Tak hanya Coach Timo Scheunemann, Biskuat juga menghadirkan Coach Aji sebagai sosok Pelatih Inspirasional pada BISKUAT ACADEMY 2022 yang dalam kesehariannya aktif sebagai pelatih yang berjasa dalam membentuk pemain sepak bola handal di Indonesia. Hal ini dilakukan karena Biskuat percaya, jika satu pelatih saja dapat mengembangkan sekelompok anak, maka dukungan penuh dari berbagai pihak seperti guru, orang tua, dan masyarakat sekitar dapat menghasilkan perubahan maksimal dalam pengembangan olahraga sepak bola, terutama untuk mengasah skill sepak bola generasi muda.

Selain dari sisi pelatih, para orang tua juga perlu memberikan bantuan dan dorongan kepada anaknya. Zaskia Adya Mecca selaku Selebriti/Mom Influencer pun menyadari peran penting tersebut. “Saya percaya kekuatan baik dari dalam (inner strength)’ bukan hanya diukur secara fisik atau akademis saja, namun juga kuat secara mental yang tercermin dari kekuatan karakter. Kegiatan Sekolah Bola Online BISKUAT ACADEMY 2022 menjadi salah satu kesempatan terbaik untuk pengembangan karakter sekaligus menggali potensi anak-anak saya. Saya juga ingin mengajak orang tua di luar sana agar dapat melihat kesempatan ini guna mendukung potensi sepak bola anak,” jelas Zaskia.

“Biskuat berharap melalui seluruh rangkaian kegiatan BISKUAT ACADEMY 2022 dapat terus mewujudkan lebih banyak mimpi anak-anak Indonesia dan membuatnya lebih besar dari sebelumnya dengan memaksimalkan kekuatan baik dari dalam,” tutup Andhika J. Lestari.

Saat ini BISKUAT ACADEMY 2022 masih hadir dalam format Sekolah Bola Online karena memahami situasi pandemi yang belum usai. Sekolah Bola Online tahun 2022 hadir dengan jumlah kelas yang lebih banyak dari tahun sebelumnya dan bertujuan agar dapat memberikan kemudahan akses untuk menjangkau lebih banyak anak di seluruh Indonesia. Terdapat tujuh kelas yang dilaksanakan mulai 25 September dan 9 Oktober 2022; 23 Oktober dan 9 November 2022; 20 November dan 11 Desember 2022; dan kelas terakhir yaitu pada tanggal 18 Desember 2022. Grand Final Sekolah Bola Online akan diselenggarakan pada 22 Januari 2023. Untuk mengikuti BISKUAT ACADEMY 2022 cukup dengan membeli produk Biskuat dan mengirimkan pesan ke Whatsapp Official Biskuat 0812 1222 5919 untuk mendapatkan akses menonton Sekolah Bola Online di website Biskuat Academy wwww.biskuatacademy.com.



Author

Rizky Arya Lestari

Saya seorang ibu rumah tangga yang memiliki hobi menulis, tentang parenting, manajemen, keuangan keluarga, dan pengembangan diri.

  1. Semangat untuk para orang tua yang tugasnya buanyak banget. Salah satunya berperan dalam menggali dan mengasah inner strength anak. Semua anak pasti mempunyai kekuatannya sendiri dan unik, beda dari anak-anak lain. Alhamdulillah Biskuat sangat peduli soal issue ini dan mengadakan program yang amat baik.

    BalasHapus
  2. Pelatihnya keren2 semua, uy! Pantas saja program Biskuat Academy ini bisa menjadi wadah untuk membangun inner strength anak. Anak2 bakal terbantu banget untuk mengembangkan skill kl ikutan sekolah bola online ini

    BalasHapus
  3. Keren banget anak2 yang punya inner strength, ya. Semoga anak2 kita semua memilikinya

    BalasHapus
  4. Inner strength penting banget untuk anak-anak ya, Mbak, karena mereka nggak akan selamanya bersama orang tua. Berbekal kebaikan dari dalam seperti program Biskuat Academy 2022, mudah-mudahan mereka tumbuh menjadi berkarakter tangguh.

    BalasHapus
  5. Inner-strenght sebuah kalimat yang membawa makna besar bagi tumbuh kembang anak di usia mereka. Menjadi orang yang tangguh, percaya diri,

    BalasHapus
  6. Keren banget program dan pendampingan dari biskuat academy ini. semoga darinya tercetak anak-anak bangsa yang kuat, mandiri dan berprestasi

    BalasHapus
  7. Semoga melalui program BIskuat Academy, lahir para pemain bola masa depan Indonesia yang membawa Timnas kita berpentas di Piala Dunia

    BalasHapus
  8. Biskuat yang selalu jadi favorit untuk anak-anakku sekaligus emaknya donk, hehe. Apalagi Biskuat dengan program Biskuat Academy nya yang memfasilitasi anak Indonesia untuk menumbuhkan inner strength dengan minat yang disukai di bidang non akademik, yaitu sepak bolal, asyiik!

    BalasHapus
  9. kekuatan baik dari dalam tentu akan membuat paripurna calon atlet sepak bola masa depan ini. harapan itu selalu ada untuk membuat dunia sepak bola Indonesia semakin baik ya Mbak Rizky

    BalasHapus
  10. Wowww, Biskuat wowwww
    Program nya mindblowing bgt
    Semua pasti makin semangaatt

    BalasHapus
  11. Semoga kita bisa menjadi orang tua yang dapat menumbuhkan inner strength anak. Alhamdulillah sekarang ada banyak fasilitas yang membantu orang tua dalam tumbuh kembang anak. Salah satunga akademi yang diadakan oleh Biskuat. Menarik banget, terima kasih infonya Mbak

    BalasHapus
  12. wah ternyata Biskuat Academy kali ini sudah tahun keempat ya, keren nih programnya bisa bertahan sampai saat inj, semoga semakin banyak anak Indonesia yang berkarakter

    BalasHapus
  13. Tanpa disadari emang inner strength anak harus diasah dan dilatih, diarahkan biar jadi hasil yang positif juga. Biskuat ini hebat, ngasih kegiatan seru untuk anak-anak, sekaligus mengembangkan inner strength mereka

    BalasHapus
  14. Inspiratif sekali program Biskuat Academy 2022 ini ya mbak
    Menjadi ajang melahirkan pemain bola yang berkualitas sekaligus berkarakter kuat

    BalasHapus
  15. jadi orangtua itu memang belajarnya banyak ya mbak, termasukuntuk meningkatkan inner strenght amak, orangtua harus jeli dan support, karena masing-masin anak itu memang unik

    BalasHapus
  16. Keren banget ini programnya Biskuat. Bisa ada pelatih Pro buat kegiatan sekolah bola anak. Mana bayarnya cuma dengan beli Biskuat yang murah dan terjangkau siapapun.

    BalasHapus
  17. Menjadi orangtua yang membuka segala kemungkinan bagi anak untuk bisa belaja rbanyak hal dari mana saja ini tidaklah mudah ya.. Semakin banyak belajar bahwa perkembangan tumbuh kembang anak termasuk kemampuan Inner strenght-nya juga penting untuk ditumbuhkan. Melalui Biskuat Academy 2022, kita dukung bakat anak di bidang olahraga dan inner strenght nya untuk masa depan.

    BalasHapus
  18. Enak bgt zmn sekarang kegiatan non-akademis benar2 disupport sedemikian rupa y mbaa
    Semoga makin banyak anak2 penyuka bola yg bisa menggapai mimpinya jadi the next Messi atau Ronaldo dengan adanya program dr biskuat ini

    BalasHapus