BLANTERORBITv102

    PELUNCURAN 3 BUKU PROSA BUDAYAKARYA 93 ELANG NUSWANTARA

    Kamis, 25 Agustus 2022


            Kegiatan Family Time kemarin aku menghadiri acara peluncuran buku Elang Nuswantara. Pagi-pagi itu aku bersama pasukan lengkap berangkat menuju Jakarta, aku bersyukur perjalanan hari itu lancar. Tibalah kami semua di Perpustakaan Nasional ini pertama kali aku datang kesana. "Wah ternyata kayak Mall ya Bun." Ungkap Ara. Suasana perpustakaan yang sangat berbeda, karena fasilitasnya sangat lengkap. Aku pun terkagum melihatnya, Sesampai disana kami langsung menuju lantai 2 Auditorium Perpustakaan Nasional. 


    Beberapa tamu sudah mulai memenuhi kursi, aku dan anak-anak duduk di bangku tengah. Tepat pukul 09.30 rangkaian acara di buka. Rangkaian acara dimulai, MC memasuki panggung.  Setiap narasumber mulai mengisi acara antara lain Ibu Yuli Maryani (Perpustakaan Nasional RI), Ibu Erwita Dianti (Kemenparekraf/Baparekraf), Ibu Dewi Yulianti (Kemendikbudristek), Ibu Rafita Meri (Balai Pustaka), Bapak Tukul Rameyo Adi (Yayasan Baruna Nusantara), Bapak Hedy Rahadian (Pencinta Budaya). Pukul 12.00 acara puncak di mulai peluncuran buku ELANG NUSWANTARA PROSA BUDAYA KARYA 93 ELANG NUSWANTARA. 


    Mbak Kirana Kejora biasa dipanggil Mbak Kei oleh para muridnya berjalan menuju  panggung. Kirana Kejora  seorang writerpreneur, best selling author, dan produser film, sebagai pengampu kelas menulis. Kemudian ia memanggil para penanggung jawab  dari setiap buku Elang Nuswantara, Perwakilan dari Miyaz Script Agency – Dandelion Publisher melahirkan buku “Sang Mistikus Kasih” karya Pasukan Elang Merah. Kemudian Karya dari Murni Publisher melahirkan buku “Pesan yang Belum Sampai” karya Pasukan Elang Putih, dan Ibu-Ibu Doyan Nulis melahirkan buku “Beri Aku Cerita yang Tak Biasa” karya Pasukan Elang Biru. Penamaan nama tim tersebut disesuaikan dengan atmosfer saat pelatihan pembuatan naskah di setiap kelas. 

    Ketiga buku yang diluncurkan memiliki kalimat pamungkas yang sangat berarti sebagai rangkuman seluruh cerita pendek yang terkandung di dalamnya. “Sang Mistikus Kasih” karya 47 Elang Merah menuangkan kalimat sakti semesta tak pernah meminta. Dia akan senantiasa menjaga jika kamu mengasihi dengan hati nurani.

    Sedangkan “Pesan yang Belum Sampai” karya 18 Elang Putih menayangkan kalimat pemikat semesta mempunyai cara membalas kasih sayang kita kepadanya. Sementara “Beri Aku Cerita yang Tak Biasa” karya 28 Elang Biru hadir dengan kalimat elok cinta bukan hanya sekedar, namun harus berujar dan berpijar.

    Para penulis terdiri dari tiga generasi yaitu mulai dari Gen Z, Gen Milenial hingga Gen X. Yang menyatukan para Elang Nuswantara adalah semangat untuk nguri-nguri budaya dan mencintai Nuswantara, menyampaikan pesan-pesan leluhur dengan cara kekinian.  

    Acara semakin puncak yaitu penampilan dari para Elang, Elang Putih, Elang Merah dan Elang Biru. Pementasan berupa pembacaan puisi, tari, monolog, teater dan live painting karya Pasukan Elang Nuswantara menyemarakkan suasana. Lagu "Kesaksian" karya Hedy Rahadian sebagai penguat jalan mencintai budaya Nuswantara dilantunkan Trio Elang Nuswantara.  Acara peluncuran buku pun selesai anaka-anak cukup menikmati acara ini. Dan akupun sangat senang karena sudah lama tidak datang ke dalam acara seperti ini. 

    Bagi yang ingin membeli buku bisa langsung menghubungi kontak para elang dibawah ini. 

    Sang Mistikus Kasih dengan Harga 85 K di Elang Merah @pasukanelangmerah, 

    Pesan yang Belum Sampai harga 85K di Elang Putih @karyamurnipublisher

    Beri Aku Cerita yang Tak Biasa Harga 99K- Elang Biru @ibuibudoyannulis

    Sukses terus untuk Elang Nuswantara semoga semakin banyak lagi karya yang dihasilkan. Sehingga belajar budaya dan sastra dengan gaya masa kini. 




    Author

    Rizky Arya Lestari

    Saya seorang ibu rumah tangga yang memiliki hobi menulis, tentang parenting, manajemen, keuangan keluarga, dan pengembangan diri.

    1. Buku ini banyak dibahas ya...senangnya bisa pergi bersama2 ke peluncuran buku, momen yang sudah lama sekali tidak saya lakukan

      BalasHapus
    2. Peluncuran 3 buku prosa karya Elang Nuswantara ini bikin decak kagum para pencinta karya sastra. Buku dengan tema cinta pada budaya dengan cara kekinian ini patut disimak dan diresapi saat membacanya. Banyak wawasan yang diperoleh dari buku-buku ini. Semoga semakin sukses :)

      BalasHapus
    3. Keren banget bisa gabung di program ni. Yang sekarang lagi banyak dipercangkan orang. Sukses selalu untuk buku2 nya..

      BalasHapus
    4. Keren banget acara dan pengisi acaranya nih. Semua yg terlibat sangat berjasa dlm melestarikan budaya Indonesia supaya tdk tergerus jaman.

      BalasHapus
    5. Acara keren banget nih disini menampilkan seni dan budaya jadi kita akan lebih mencintai dan bangga akan seni dan budaya di tambah lagi 3 buku prosa budaya yang memang cerita mengangkat kebudayaan.. Jadi kita juga bisa memperkenalkan budaya sejak dini melalui buku ini

      BalasHapus
    6. Semoga suatu saat bisa ke Perpusnas. MasyaAllah saya baca info dan ulasan Mbak Rizky, keliatan acaranya keren banget.

      Lebih seru dan terasa semangat menggiatkan literasi kalau hadir langsung pastinya

      BalasHapus
    7. wahh keren Mba bisa dapet seat di sini. kalau boleh tau ini tuh undangan khusus atau terbuka untuk umum, yah?

      BalasHapus
    8. Semesta menjaga jika kita mengasihi dengan hati nurani. Mengena kalimatnya, Mbak, lakukan sesuatu dengan cinta maka nggak ada yang dikuatirkan.

      BalasHapus
    9. Saya beberapa kali ke Perpusnas dan selalu bangga pada fasilitas, layanan dan acara-acara kerennya. Menarik sekali ini acara peluncuran buku Elang Nuswantara.Keren semua euy penulisnya.

      BalasHapus
    10. Keren bangetttt bangga pastinyaaaa bisa ikut hadir d acara launching Buku inspiring ini.

      Mantab bangettt

      BalasHapus
    11. Semangat literasi yang digaungkan melalui peluncuran buku Elang Nuswantara ini sangat menarik. Plus ada serangkaian acara pementasan seni lainnya, seperti pembacaan puisi, tari, monolog, teater dan live painting karya Pasukan Elang Nuswantara.
      Semakin menambah kesyahduan acara hari itu.

      BalasHapus
    12. Membaca artikelnya seakan kita datang langsung ke acaranya. Acara yang sangat keren dari orang-orang yang punya banyak cerita tentang kehidupan. Masya Allah

      BalasHapus
    13. Menarik banget acaranya. Seneng ya bisa datang ke peluncuran 3 buku prosa budayakarya 93 Elang Nusantara. Ada karya teman-teman di IIDN dengan judul Beri Aku Cerita yang Tak Biasa. Jadi penasaran nih pengen baca bukunya

      BalasHapus
    14. Baca tulisan ini seakan kita hadir di acara ya. Keren banget acaranya, jadi penasaran sama bukunya.

      BalasHapus
    15. Wah bersyukur ya bisa menghadiri secara langsung peluncuran buku 3 prosa Budayakarya 93 Elang Nuswantara di Perpusnas. Aku pengen banget berkunjung ke Perpusnas juga nih...

      BalasHapus
    16. Serunya bisa hadir disana. Pesan-pesan yang disampaikan di setiap buku dalam dan penuh makna ya. Menarik dan membuat ingin memiliki

      BalasHapus
    17. Judul-judul bukunya menarik sekali.. jadi ingin mengadopsi. Penasaran sama isinya seperti apa.

      BalasHapus
    18. pengalaman yang menarik bisa hadir di peluncuran 3 prosa budaya, keren ya mbak Kei yang slelau mengusung budaya nusantara dalam setiap karyanya

      BalasHapus
    19. Sempat baca ada acara peluncuran buku di Perpusnas, sayang belum sempat hadir padahal udah lama banget ngak ke perpusnas, katanya sekarang makin lengkap ya fasilitasnya. Next pingin juga hadir di acara peluncuran buku di Perpusnas kalau waktunya pas.

      BalasHapus
    20. Selamat atas peluncuran bukunya. Gak gampang menulis cerita yang ada unsur sejarah dan budayanya. Semoga buku-bukunya sukses dan bisa diangkat jadi film juga nih.

      BalasHapus
    21. Peluncuran 3 buku prosa karya Elang Nuswantara ini sangat memukau
      Bentuk kepedulian penulis terhadap pelestarian sastra Indonesia ya mbak

      BalasHapus
    22. Aku padahal cuma liat you tube nya mba Kirana, tapi terlihat sekali keseruannya. Tema yang diangkat jadi buku juga keren, tentang budaya lo

      BalasHapus
    23. Family time yang penuh manfaat.. senangnya bisa menyaksikan peluncuran buku keren inii... Seru dan topik yang sangat sarat faedah.

      BalasHapus
    24. Keren banget bisa mengikuti peluncuran buku pastinya acara bedah bukunya juga seru dan membawa manfaat ya kak

      BalasHapus
    25. Aku nyaris ada di sana juga
      Sayangnya balitaku belum 3 bulan waktu itu jadinya dilarang keluar

      Bukunya sudah di tangan, siap dibaca dan di-review 😍

      BalasHapus