BLANTERORBITv102

    Kapan Mempersiapkan Dana Pendidikan?

    Sabtu, 30 Juli 2022
    Para ratu rumah tangga sering kali membahas tentang dana pendidikan, karena dana pendidikan ini beragam dari mulai TK hingga di bangku kuliah. Gimana sih cara mempersiapkan dana pendidikan? 

    Seberapa besar kenaikan dana pendidikan per tahun? 
    Perlu diketahui ternyata dana pendidikan mengalami kenaikan yang sangat tinggi per tahun. Menurut sumber dari bibit.com bahwa dana pendidikan mengalami kenaikan sebesar 15 % per tahunnya. Wah cukup tinggi yah. Hal ini pun dibuktikan ketika pandemi kemarin jika dibandingkan dengan properti kenaikannya hanya 2.5 % . Sedangkan pendidikan lebih dari sepuluh persen. Jadi apa yang harus dilakukan oleh para ratu rumah tangga dengan adanya fenomena ini. 


    Pertama adalah mulai mempersiapkan dana pendidikan sedini mungkin, misal ketika anak masih dalam kandungan kita mulai menabung untuk dana pendidikan ini sekitar 100.000.- hingga 300.000.- perbulan. Nah kemudian tentukan apakah anak ini akan masuk sekolah usia dini atau langsung sekolah ke taman kanak-kanak. Jika kita akan mendaftarkan anak tersebut ke sekolah usia dini berapa nominal yang harus dibayar saat pendaftaran? 

    Di sekitar jabodetabek untuk anak usia dini dari mulai Rp. 3000.000.- hingga Rp. 10.000.000.- bahkan ada yang lebih. Hal ini tergantung kita memilih sekolah yang seperti apa untuk ananda. Jika tadi kita sudah menyisihkan Rp. 300.000.- × 36 Bulan = 10.800.000.- jadi untuk dana masuk sekolah dapat terpenuhi. 

    Kemudian untuk tingkat lebih tinggi pun sama. Sehingga jangan sampai kita menyekolahkan anak menjadi beban di kemudian hari. 
    Hal ini jika ibu memilih sekolah swasta ya akan berbeda jika menyekolahkan ananda di sekolah negeri biasanya biayanya lebih terjangkau.

    Kedua dalam beberapa kasus belum mempersiapkan dana pendidikan karena di awal pernikahan misalnya membeli rumah terlebih dahulu, atau biaya lahiran. Jika demikian tidak apa-apa misal satu tahun lagi anak sulung masuk usia sekolah. Setelah memiliki pilihan sekolah anak tentunya sudah tahu berapa nominal yang akan dibayarkan untuk masuk ke sekolah tersebut. Sehingga dalam hal ini kita bisa mempersiapkan dana pendidikan misalnya untuk uang masuk Rp. 10.000.000.- 
    maka nominal ini kita bagi dengan 12 bulan sehingga didapatkan Rp. 834.000.- Jadi dalam setiap bulan kita wajib menyisihkan uang tersebut. 

    Gimana jika belum bisa menabung untuk dana pendidikan ? 

    Berarti kita wajib mencari pendapatan lain. Banyak yang bisa dilakukan oleh para ratu rumah tangga di rumah. Misalnya menjadi afiliasi marketplace, berjualan online, membuat makanan dan aktivitas lain yang dapat menambah pendapatan. 

    Jenis investasi untuk dana pendidikan :

    Tabungan dengan autodebit dalam setiap bulannya. 
    Bagi para ratu rumah tangga yang terbiasa mendapatkan gaji bulanan dari suami, dapat membuka tabungan lain dengan penarikan otomatis dalam setiap bulan khusus untuk tabungan pendidikan dengan pilihan jangka waktu yang minimal 1 tahun.

     Emas 
    Menabung emas dapat dijadikan pilihan untuk jangka panjang misal untuk biaya kuliah anak, sebaiknya emas digunakan dalam jangka waktu 3-5 tahun atau lebih. Saat emas memiliki nominal kecil mulai dari puluhan ribu jadi dapat dengan mudah mulainya. 

    Reksadana 
    Saat ini investasi reksadana mudah dilakukan bisa mulai dari Rp. 10.000.- menabung reksadana dapat menjadi pilihan untuk menabung dana pendidikan. 

    Hal terpenting adalah disesuaikan dengan kemampuan finansial yang dimiliki. 

    Sebelum mempersiapkan dana pendidikan sebaiknya  apa yang harus dipenuhi. 

    Kebutuhan sudah terpenuhi dan memiliki dana darurat
    Selain untuk cashflow bulanan sangatlah penting memiliki dana darurat yaitu minimal 3x kebutuhan bulanan. Sebagai dana tak terduga misalnya tiba-tiba di PHK, atau usaha tidak stabil dan lain-lain.

    Pilihlah sekolah sesuai dengan visi dan misi keluarga. 
    Sebagai orang tua tentunya ingin memberikan sekolah terbaik untuk anak-anak. Namun yang harus menjadi acuan adalah apakah sesuai dengan visi dan misi keluarga atau karena hal lain. 

    Ingat dana pendidikan tidak hanya yang muka saja. 
    Seringkali kita hanya mempersiapkan dana pendidikan di awal saja. Padahal kita harus mempersiapkan hal lain misalnya iuran bulan, jarak, lingkunan dan lain-lain. 

    Yuk mulai mempersiapkan dana pendidikan sejak dini. Hal yang paling penting adalah bagaimana kita mulai menyisihkan untuk mempersiapkan dana pendidikan dan konsisten dalam menabung. 





    Author

    Rizky Arya Lestari

    Saya seorang ibu rumah tangga yang memiliki hobi menulis, tentang parenting, manajemen, keuangan keluarga, dan pengembangan diri.

    1. Aku mulai menyiapkan dana pendidikan sejak anak kecil, buat S berupa tabungan
      Kalau buat SMP dan pendidikan selanjutnya aku ngumpulin emas

      BalasHapus
    2. Semakin lama biaya pendidikan anak makin mahal ya. Investasi atau menabung sejak dini memang penting sekali rasanya. Apalagi jika sudah ada target ingin masuk ke sekolah atau kampus-kampus yang bagus nanti. Emas sepertinya salah satu pilihan yang bagus karena anti inflasi..

      BalasHapus
    3. Memang penting ya mbak untuk mempersiapkan dana untuk pendidikam anak, agar kelak dikemudian hari tidak terlalu berat bebannya. Apalagi di zaman sekarang, biaya pendidikan setiap tahunnya selalu naik dengan nominal yang cukup signifikan.. terimakasih tipsnya mbak.

      BalasHapus
    4. Dulu pas saya kecil, ortu juga siapin dana pendidikan. Memang penting bajeting agar bisa persiapkan masa depan. Waktu saya kerja pun, saya pribadi sempat bikin tabungan pendidikan buat diri sendiri, jaga-jaga buat dipakai kalau kepengin kursus-kursus gitu.

      BalasHapus
    5. Setuju sekali. Meski kadang tidak bisa melakukan ini dikarenakan pendapatan yang tidak berlebih.

      BalasHapus
    6. Dana pendidikan ini penting banget ya. Investasi masa depan untuk anak. Tapi tetap harus pertimbangkan kemampuan ekonomi kita.

      BalasHapus
    7. Ini nih mba yang bikin pusing, meskipun anakku sekarang masih 2 tahun. Ga kebayang nanti di zaman dia berapa ya biaya pendidikan. Alhamdulillah sekarang udah banyak bank atau aplikasi investasi yang menawarkan tabungan pendidikan, ya

      BalasHapus
    8. Dana pendidikan bikin ngeriiii.
      Apalagi pas kompas merilis data seputar biaya kuliah yg WOW
      bismillah....insyaAllah kita semua dimampukan OLEH-NYA

      BalasHapus
    9. setelah jadi orang tua memang kita harus benar-benar mempersiapkan dana pendidikan anak sejak jauh-jauh hari sebelumnya. kalau dulu orang tua mungkin cuma mikirin dana kuliah nah kalau sekarang biaya masuk SD aja sudah kayak kuliah makanya benar-benar harus dipersiapkan dananya

      BalasHapus
    10. Visi dan misi keuangan keluarga kudu jelas arahnya ya.. Sehingga alokasi dana untuk masing-masing baik yang primer, sekunder hingga tersier bisa tercukupi. Dana pendidikan yang tiap tahun sellau naik, bisa menjadi pertimbangan kalau mengincar sekolah tertentu yang kualitasnya baik.

      BalasHapus
    11. Bener nih, harus memperhitungkan dana pendidikan anak sejak dini, biar anak kelak bisa mendapatkan pendidikan dengan jenjang yg layak

      BalasHapus
    12. jujur saya termasuk yang telat menyiapkan dana pendidikan untuk anak, rencananya tahun ini punya anak, tapi tabungan pendidikan dia belum ada, jadi harus semangat nabung nih mulai sekarang, terimakasih tips nya

      BalasHapus