BLANTERORBITv102

    IndiHome Menjadi Kebutuhan Pokok Para Ratu Rumah Tangga.

    Jumat, 15 Juli 2022


    Siapa disini yang tidak kenal IndiHome merupakan  salah satu produk internet terlaris yang dimiliki oleh PT Telkom Indonesia. Hidup di zaman sekarang kebutuhan penggunaan internet semakin tinggi, bisa bilang internet menjadi salah satu kebutuhan pokok untuk para ratu rumah tangga (ibu rumah tangga).


    Bayangkan ketika bangun tidur secara tidak  langsung apa yang pertama kali  dicari adalah gawai, kemudian dilanjutkan dengan berselancar dalam dunia maya. Aku bertanya kepada para ratu rumah tangga. Apa sih manfaat internet bagi para ratu rumah tangga dan hal ini sangat terkait dengan kegunaan internet bagi setiap individu dan mendukung kegiatan sehari-hari. Respon yang diperoleh bermacam-macam. 

    Manfaat internet bagi para ratu rumah tangga 


    • Window Shopping

    Siapa yang sering melakukan ini, terlihat para ibu mengacungkan tangan, sebagai tanda setuju, mereka melakukan window shopping  "hanya cuci mata" melihat barang dagangan yang berjejer di marketplace dan setelah itu ada perasaan puas meskipun tidak membeli barang apapun. 


    • Belanja online berburu diskon barang yang dibutuhkan.

    Beberapa ibu menyatakan menggunakan internet untuk melakukan belanja online berburu diskon barang yang dibutuhkan, sehingga ia mendapatkan barang termurah dengan kualitas yang bagus saat berbelanja. 


    • Mencari informasi resep

    Ada pun yang menyatakan mereka berselancar untuk mencari resep favorit untuk keluarga, atau makanan yang sedang viral. Sehingga bisa merasakan makan yang sedang booming di pasaran namun mereka membuatnya sendiri agar lebih hemat. 


    • Memecahkan masalah

    Dalam kehidupan rumah tangga, pengasuhan, hubungan dengan pasangan, hubungan dengan teman di kantor pasti mengalami masalah. Mereka melakukan berselancar di media sosial untuk mencari solusi untuk masalah yang sedang dihadapinya melalui artikel-artikel. 


    • Mencari informasi obat 

    Ketika keluarga sakit, ibu seringkali mencari informasi obat dengan berselancar. Sehingga hal tersebut menjadi pertolongan pertama bagi mereka. Kadang mereka mencari informasi obat alternatif atau herbal dengan menggunakan bahan yang ada di rumah. 


    • Informasi tumbuh kembang anak 

    Bagi seorang ibu baru internet menjadi sarana untuk mencari terkait pertumbuhan anak. 


    • Hiburan

    Para ratu rumah tangga sudah tentu lelah dalam menjalankan aktivitas. Oleh karena itu internet menyediakan  beragam hiburan meskipun aktivitas di rumah namun banyak hal yang dilakukan. Seperti : Menonton film, karoke bersama dan lain-lain. 


    • Komunikasi antar keluarga 

    Interaksi antar keluarga sangatlah penting dilakukan dengan adanya internet, kita dapat melakukan komunikasi secara intens dengan anggota keluarga, baik keluarga inti ataupun keluarga besar, jarak dekat maupun jauh. Komunikasi tanpa batas sehingga kedekatan keluarga semakin terjalin dan harmonis. 

    Internet sebagai sarana belajar dan mengajar

     

    • Saran belajar 

    Adanya internet tanpa batas menjadikan para ratu rumah tangga dapat belajar dimana saja. Ilmu yang didapatkan pun semakin luas, mereka menyatakan menggunakan internet untuk mengikuti ceramah online, pelatihan untuk meningkatkan ilmu dan kemampuan yang dimilikinya. 


    • Mencari bahan untuk mengajar  Internet digunakan oleh para ratu rumah tangga untuk mencari bahan untuk mengajar bagi mereka yang berprofesi seorang pengajar. Karena banyak sekali ratu rumah tangga yang memiliki kegiatan mengajar secara offline maupun online untuk menyebarkan ilmu yang mereka miliki. 


    • Riset                                                          Bagi seorang penulis sebelum menuliskan sesuatu harus melakukan riset terlebih dahulu. Baik non-fiksi maupun fiksi. Kemudahan akses internet menjadi mempermudah dalam melakukan riset untuk mencari sumber yang  akurat. 


    •  Rapat                                                Semenjak pandemi banyak hal yang berubah salah satunya adalah rapat. Aktivitas rapat virtual harus didukung oleh koneksi internet yang baik sehingga rapat berjalan dengan baik.


    • Transaksi perbankan                        Dengan adanya perubahan di era digital ini, transaksi perbankan banyak dilakukan dengan menggunakan gawai seperti : Mengirim uang, Membayar barang, dan Membuat tabungan baru. 


    • Berjualan online                                     Bagi para ratu rumah tangga yang memiliki bisnis online. Akses internet menjadi kebutuhan paling utama untuk berlangsungnya kegiatan tersebut. 


    Dari beberapa kegiatan yang  disebutkan Internet menjadi sebuah kebutuhan pokok bagi para ratu rumah tangga. Jaringan yang stabil, kecepatan dan tentunya biaya yang ramah kantong. Semua kebutuhan itu terjawab oleh IndiHome yang merupakan internetnya Indonesia.


    Nah. untuk mendukung semua itu tentunya dibutuhkan kecepatan internet yang memadai, supaya aktivitas rumah tangga berjalan optimal. IndiHome menyediakan beragam paket yang dapat dipilih untuk memenuhi kebutuhan dengan harga yang terjangkau mulai dari Rp. 200.000 per bulan. Akses internet dengan menggunakan IndiHome sudah dapat digunakan.


    Sejarah IndiHome.

    Indonesia Digital Home (disingkat IndiHome) adalah salah satu produk layanan dari PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk berupa paket layanan komunikasi dan data seperti telepon rumah (voice), internet (Internet on Fiber atau High Speed Internet), dan layanan televisi interaktif (UseeTV Cable, IPTV). Karena penawaran inilah Telkom memberi label IndiHome sebagai tiga layanan dalam satu paket (3-in-1) karena selain internet, pelanggan juga mendapatkan tayangan TV berbayar dan saluran telepon.

    Paket IndiHome juga dilengkapi dengan konten seperti layanan portal musik digital dan Home Automation. Sejak diluncurkannya IndiHome, pelanggan yang berlangganan paket internet Speedy satu-per-satu diminta untuk beralih menggunakan IndiHOME, karena layanan dagang Speedy akan segera diberhentikan pada tahun 2015.


    IndiHome resmi diluncurkan pada tahun 2015. IndiHome juga merupakan salah satu program dari proyek utama Telkom, Indonesia Digital Network 2015. Dalam penyelenggaraannya,  Telkom menggandeng sejumlah pengembang teknologi telekomunikasi untuk membangun rumah berkonsep digital.


    Paket-paket IndiHome

    Harga WiFi Indihome paket 2P (Internet + Telepon) untuk Pelajar, Pendidik, dan Jurnalis. 

    Kecepatan internet 20 Mbps: Rp255.000/bulan.

    Kecepatan internet 30 Mbps: Rp315.000/bulan. 

    Paket ini sudah termasuk layanan tambahan berupa bebas akses telepon rumah selama 50 menit dan Indihome Study untuk mendapatkan berbagai macam materi pelajaran secara digital. Biaya pasang WiFi untuk paket ini adalah Rp150.000.


    Harga WiFi Indihome paket 3P (Internet + Telepon + TV) untuk Pelajar, Pendidik, dan Jurnalis.

    Kecepatan internet 20 Mbps : Rp300.000/bulan

    Kecepatan internet 30 Mbps : Rp355.000/bulan

    Paket sudah termasuk layanan tambahan berupa bebas akses telepon rumah selama 100 menit, 36 channel TV kabel, dan Indihome Study. Biaya pasang WiFi untuk paket ini adalah Rp150.000


    Harga WiFi Indihome paket 2P (Internet + TV dengan channel Disney+ Hostar)

    Kecepatan internet 30 Mbps : Rp370.000/bulan

    Kecepatan internet 50 Mbps : Rp595.000/bulan

    Kecepatan internet 100 Mbps : Rp945.000/bulan

    Paket sudah termasuk layanan tambahan berupa TV kabel dengan tambahan channel Disney+ Hotstar. Biaya pasang WiFi untuk paket ini adalah Rp500.000.


    Harga WiFi Indihome paket 2P (Intenet + Telepon dengan channel Disney+ Hotstar)

    Kecepatan internet 30 Mbps : Rp335.000/bulan

    Kecepatan internet 50 Mbps : Rp475.000/bulan

    Kecepatan internet 100 Mbps : Rp795.000/bulan

    Paket sudah termasuk layanan tambahan berupa bebas akses telepon rumah selama 100 menit dan bebas akses layanan Disney+ Hotstar. Biaya pasang WiFi untuk paket ini adalah Rp500.000.


    IndiHome memenuhi kebutuhan keluarga kecil kami. 

    Sudah hampir lima tahun aku berlanggan IndiHome. Berawal karena kebutuhan karena akses sinyal di rumah sulit. Akhirnya aku pun mulai berlanggan.  Selama berlanggan jarang mengalami kendala paling kabel internet yang digigit tikus sehingga internet tidak menyala. Namun dengan sigap para petugas memperbaikinya. 


    Kemudian saat aku melakukan pindah rumah beda kabupaten pun. IndiHome yang digunakan di rumah kami sebelumnya bisa dipasang lagi di rumah. Sehingga IndiHome memenuhi kebutuhan keluarga kami. Terimakasih IndiHome telah menjadi pelengkap hidup bagi keluarga kecil kami  



    Author

    Rizky Arya Lestari

    Saya seorang ibu rumah tangga yang memiliki hobi menulis, tentang parenting, manajemen, keuangan keluarga, dan pengembangan diri.

    1. Aku bersyukur banget dengan adanya internet sangat memudahkan pekerjaan ku sebagai IRT dan juga mudah mendapatkan hiburan tontonan plus informasi

      BalasHapus
      Balasan
      1. Ya mbak alhamdulillah ya kita hidup di zaman serba digital memudahkan dalam pencarian informasi dan beraktivitas

        Hapus
    2. Saya kenal internet sejak tahun 2002 pas mulai jadi IRT karena resign kerja. Dah 20 tahun lamanya dan beneran internet jadi kebutuhan pokok saya jadinya. Karena dari rumah berkat internet , ibu rumah tangga bisa apa saja termasuk berkarya. Apalagi kalau pakai layanan IndiHome, lancar jaya layanannya

      BalasHapus
    3. Saya kenal indihome sejak 2013 dan masih setia sampai sekarang.

      BalasHapus
    4. Kebutuhan akan jaringan internet zaman dulu dan sekarang sungguh sangat jauh sekali ya..
      Dan kini banyak hal yang bisa diakses dan didapatkan karena adanya jaringan internet murah dan mudah. Bersama indihome, segala kebutuhan internet bisa dipenuhi.

      BalasHapus
    5. Jadi keinget, dulu tuh internet terbatas banget. Mau ngenet kudu ke warnet yang biayanya jam-jaman. Belum lagi kalo aksesnya lelet. Trus ada paket internet di ponsel, tapi tetap mahal. Akhirnya internet di mana-mana, aksesnya lebih mudah. Orang bisa pasang internet di rumah-rumah. Malah ada yang sepaket dengan tivi kabelnya. Itunganya jadi irit banget.

      BalasHapus
      Balasan
      1. ia sudah menjadi n kebutuhannya ya mbak . rumah pun menjadi lengkap

        Hapus
    6. Alhamdulillah, dimudahkan sekali ya mba warga Surabaya untuk dapat berkreasi dan menimba ilmu. Terima kasih sharingnya

      BalasHapus
    7. Jaman sekarang internet jadi pentinggg banget, apalagi semenjak pandemi makin kerasa kalo sinyal internet yang stabil tuh mendukung pekerjaan banget.

      BalasHapus
      Balasan
      1. ya mbak kalo nggak ada internet berasa gabut ya

        Hapus
    8. Benar sekali mbak
      Kebutuhan akan jaringan internet tu penting banget bagi ibu rumah tangga
      Nggak hanya menemani proses pengasuhan saja, tapi juga bisa membantu berkarya juga

      BalasHapus
    9. Window shoping yuh aku banget, kadang nemu barang yang lucu gitu aku kasih taukan saudaraku. Dia yang beli aku yang seneng hahahaha

      BalasHapus
    10. Aku sebagai ibu rumah tangga dan bekerja dari rumah pun sangat membutuhkan internet. Untung aku juga pake IndiHome.

      BalasHapus
    11. Internet memang sangat dibutuhkan ya saat ini apalagi untuk ibu rumah tangga seperti kita sangat memudahkan untuk mencari informasi dan pekerjaan butuh koneksi internet lancar

      BalasHapus
    12. Untung ada internet yaa pas resign ngantor aku langsung terjun jadi penulis buku berbekal laptop dan koneksi internet

      BalasHapus
    13. Aku dirumah juga pakai indihome, dulu sempet pindah ke lain hati tapi akhirnya balik lagi ke indihome wkwkkwkwk. Dan udah lama bgt pake indihome. Emang inet sih butuh banget ga bs terelakkan apalagi suami aku ngajar online

      BalasHapus
    14. Banyak banget pilihan paketnya ya IndiHome ini. Tinggal kita pilih mana yang sesuai kebutuhan, pastikan juga pilih mana yang kira-kira kita sanggup bayar per bulannya.

      BalasHapus
    15. Banyak manfaat baik dari keberadaan internet yang bisa kita petik. Berbagai macam kebutuhan pencarian informasi bisa kita lakukan dengan koneksi internet yang mumpuni.

      BalasHapus
    16. bener banget! pergerakan sehari-hariku juga ditemenin sama indihome, kalau cuma ngandelin paket data hp lemot dan serba lambat. indihome banyak pilihan paketnya juga ya

      BalasHapus
    17. Internet sudah tidak terpisahkan dalam kehidupan rumah tangga. Apalagi sebagai ibu, meskipun di rumah tetap butuh akses internet, seperti window shopping aja, itu cukup jadi hiburan juga deh

      BalasHapus
    18. Aku juga pelanggan IndiHome, kita tak lagi bisa dipisahkan g

      BalasHapus