BLANTERORBITv102

Melestarikan Laut

Selasa, 14 Maret 2023
Penciptaan alam semesta merupakan salah satu tanda-tanda kekuasaan Allah SWT. Tidak sedikit ayat Al-Qur’an mengajak kita untuk merenungkan ciptaan-Nya tak terkecuali tentang alam semesta. Alam semesta adalah ruang dimana di dalamnya terdapat kehidupan biotik maupun abiotik serta segala macam peristiwa alam yang dapat diungkapkan maupun yang belum dapat diungkapkan oleh manusia.

Salah satu ayat yang terdapat di dalam Al-Qur’an yang menjelaskan mengenai proses penciptaan alam semesta yaitu Q.S. As-Sajdah (32) : 4 yang artinya “Allah-lah yang telah menciptakan langit dan bumi dan segala yang ada diantara keduanya dalam waktu enam hari, kemudian dia bersemayam di atas Arsy. Kamu semua tidak memiliki seorang penolong dan pemberi syafaat pun selain diri-Nya. Lalu, apakah kamu tidak memperhatikannya ?“.

Tujuan alam diciptakan adalah bukan untuk dirusak, dieksploitasi secara berlebihan, dicemari, atau bahkan dihancurkan. Akan tetapi adalah untuk difungsikan semaksimal mungkin dalam kehidupan. Kita juga sebagai umat manusia yang bertugas untuk melestarikan Alam Semesta juga harus mempunyai prinsip dalam melestarikannya di kehidupan sehari-hari seperti :

Sikap Hormat terhadap Alam (Respect For Nature)
Di dalam Al Qur’an surat Al-Anbiya 107, Allah SWT berfirman:

Artinya : “Dan tiadalah kami mengutus kamu, melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam”.

Prinsip Tanggung Jawab (Moral Responsibility For Nature)
Sesuai dengan firman Allah dalam surah al Baqarah : 30

Artinya : Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat: “Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi”.

Prinsip Kasih Sayang dan Kepedulian terhadap Alam (Caring For Nature)

Melestarikan laut berarti telah melestarikan setengah ekosistem di bumi. Banyak habitat dan spesies di laut yang hidup disana seperti berbagai macam jenis ikan, terumbu karang, cumi-cumi, udang, ubur-ubur dan masih banyak yang lainnya.

Lautan adalah ekosistem yang paling besar di bumi. Ekosistem di laut yaitu sebesar 71% dibandingkan dengan ekosistem daratan yang hanya 31%. Laut berfungsi untuk mengatur kadar suhu di bumi, karena laut dapat membawa suhu panas dari daerah khatulistiwa ke daerah kutub dan begitu pula sebaliknya. Apabila kita menjaga lingkungan dan laut dengan baik, maka suhu di semua wilayah akan stabil.

Nah, kalau kalian bingung harus mulai dari mana untuk melestarikan laut. Berikut ini ada 8 cara melestarikan laut yang bisa kamu lakukan dari sekarang. Pahami baik-baik ya.

1.Menggunakan air secukupnya 
Gunakan lebih sedikit air sehingga nantinya tidak akan menyebabkan kelebihan limbah air yang kotor. Limbah air kotor dapat mengancam ekosistem laut, jika air kotor ini mengalir ke laut. Banyak dari kita tidak menyadari hal ini tetapi cara ini sangat penting untuk dilakukan. Kita perlu mengendalikan konsumsi air agar tidak berlebih, sehingga air kotor yang terbuang ke laut semakin berkurang.

2. Mengurangi Pemakaian Limbah Cair
limbah cair

Ketika menggunakan produk kimia, limbah cair usai penggunaannya akan terbuang ke laut. Limbah ini dapat mengancam apabila mengandung zat kimia berbahaya. Maka dari itu, kita perlu membantu kelestarian laut dengan mengurangi penggunaan zat kimia beracun dalam kehidupan sehari-hari. Gunakan produk yang bebas dari racun berbahaya dan buanglah limbah kimia dengan benar agar tidak mencemari laut.

3. Mendaur Ulang Sampah
daur ulang sampah

Laut sering menjadi tempat pembuangan sampah oleh orang-orang tidak bertanggung jawab. Ini terjadi karena sampah di bumi sudah semakin menumpuk sehingga banyak orang memilih membuangnya ke laut. Padahal, tindakan itu sangat merusak dan mengancam kehidupan bawah laut. Usahakan memilah sampah dengan menyisihkan produk-produk tertentu yang dapat didaur ulang supaya jumlah sampah tidak menumpuk.

4. Mengurangi Penggunaan Plastik
sampah plastik

Laut di bumi saat ini sudah cukup tercemar karena banyaknya sampah plastik. Oleh sebab itu, sebaiknya kita tidak menambahnya dengan mengurangi penggunaan plastik. Misalnya, jika kita ingin berbelanja kita bisa mengganti penggunaan plastik dengan tas ramah lingkungan untuk menaruh barang-barang belanja. Selain itu, kita bisa mengganti bahan plastik yang biasa digunakan untuk kemasan produk dengan bahan-bahan yang dapat didaur ulang.

5. Mengurangi Polusi Udara
polusi udara

Polusi udara yang mengakibatkan pemanasan global membuat suhu bumi meningkat, termasuk suhu pada permukaan laut. Akibatnya, hewan-hewan dan tanaman-tanaman laut bisa mati karena perubahan suhu yang ekstrim. Kita dapat mencegah polusi udara dengan mengurangi penggunaan kendaraan bermotor yang menghasilkan gas karbon. Sebagai gantinya, gunakan transportasi umum yang tersedia, berjalan kaki, atau bersepeda.

6. Mengurangi Penggunaan Energi
hemat energi

Penggunaan energi seperti listrik dan bahan bakar fosil dapat berdampak bagi ekosistem laut. Kelebihan energi yang digunakan dapat menyebabkan hujan asam, sehingga bisa merusak laut. Oleh karenanya, kita sebaiknya mengurangi penggunaan listrik seperti mematikan lampu di siang hari dan mencabut alat elektronik yang sedang tidak digunakan. Kita juga bisa mengganti bahan bakar fosil dengan bahan bakar alternatif yang lebih ramah lingkungan.

7. Tidak Sembarangan Memancing Hewan 

Banyak hewan laut memang bisa dimanfaatkan untuk konsumsi manusia. Namun, perlu diingat bahwa tidak semuanya adalah hewan yang bisa kita ambil seenaknya. Ada hewan-hewan laut yang harus dilindungi dan dibiarkan hidup di habitatnya. Kita bisa membantu kelestarian laut dengan membiarkan hewan laut tetap berada di ekosistemnya dan hanya mengkonsumsi hewan laut hasil tangkapan para nelayan.

8. Menjaga Kelestarian Habitat Laut
hewan laut

Laut adalah habitat bagi banyak hewan air di bumi. Sebagai sesama makhluk hidup, kita seharusnya menghargai habitat laut sebagai tempat tinggal hewan-hewan di bawahnya. Kita dapat melestarikan habitat laut dengan menjaganya secara hati hati dan tidak menggunakan bahan berbahaya ke laut, seperti bahan peledak atau zat kimia berbahaya.

Setelah mengetahui cara-cara merawat laut, kamu bisa mengubah kebiasaan-kebiasaan sehari-hari yang dapat membantu melestarikan laut. Laut adalah ekosistem penting yang perlu dijaga keseimbangan alamnya, oleh karenanya sebaiknya kita juga harus aktif merawat laut.



Author

Rizky Arya Lestari

Saya seorang ibu rumah tangga yang memiliki hobi menulis, tentang parenting, manajemen, keuangan keluarga, dan pengembangan diri.