BLANTERORBITv102

    Pentingnya Self Care Bagi Ratu Rumah Tangga.

    Jumat, 01 Juli 2022


    Hai Bunda, Pernahkan merasa memikirkan banyak hal dalam satu waktu, sehingga merasa apa yang sedang dijalani terasa berat, ternyata hal ini bisa berdampak pada sakit fisik.  Jika dilihat dari banyaknya pekerjaan yang dilakukan oleh seorang ratu rumah tangga tentu tidak akan ada habisnya. Aktivitas melayani seluruh anggota keluarga dari mulai bangun tidur hingga tidur lagi, Seiring dengan banyaknya aktivitas, seringkali melupakan kebutuhan diri sendiri.


    Diawal-awal menjadi seorang ibu, aku pun sering melupakan akan hal ini. ketika sedang makan kemudian mendengar tangisan sangatlah buah hati. Akhirnya ku simpan kembali sepiring nasi beserta lauk pauk, lalu kuambil sang buah hati dan menggendongnya. setelah ia tenang barulah ku lanjutkan makanan yang belum aku selesaikan tadi. 

    Sehingga kebutuhan diri ini dilakukan diurutan terakhir, padahal jika kebutuhan ini terpenuhi maka kehidupan kita menjadi lebih seimbang. 


    Nah… Sebetulnya seberapa penting seseorang memenuhi kebutuhan untuk dirinya sendiri. Akupun melakukan survei kecil-kecilan beberapa orang menjawab sangat perlu namun sulit untuk melakukannya, karena pekerjaan rumah yang tidak pernah selesai-selesai. karena anak rewel, dan lain-lain. Jadi kita harus bagaimana supaya bisa memenuhi kebutuhan diri atau disebut dengan self care.


    Apa itu self care? 

    Pada dasarnya, setiap manusia memiliki kebutuhan untuk diri sendiri atau lebih dikenal dengan self care.  Self care memiliki arti kegiatan memenuhi kebutuhan dalam mempertahankan kehidupan, kesehatan dan kesejahteraan individu baik dalam keadaan sehat maupun sakit yang dilakukan oleh individu itu sendiri. 


    Dengan kita melakukan self care bukan berarti egois. jika kebutuhan diri terpenuhi maka aktivitas yang dijalani menjadi lebih fokus dan menjalankannya pun senang dan nyaman. Adapun 4 jenis self care sebagai berikut : 




    1. Physical self care, yaitu perawatan diri yang bisa langsung diterapkan untuk merawat fisik seperti mandi, waktu istirahat yang cukup, konsumsi makanan sehat, dan olahraga teratur.

    1. Emotional self care, yaitu perawatan yang mampu meningkatkan literasi emosional agar kita bisa mengelola kadar stres secara efektif. Dengan begitu, kita dapat mengalihkan diri dari gangguan kesehatan mental. Penerapan self care pada emosional dapat dilakukan dengan cara membaca buku, menonton drama favorit, mendengarkan musik, atau menata ruangan agar terlihat lebih rapi dan indah

    1. Social self care. Bentuk penerapan social self care bagi diri sendiri sangat berguna untuk membangun jiwa sosial terhadap sekitar agar memiliki rasa peduli, kasih sayang, dan empati.

    1. Spiritual self care. Jiwa yang sehat harus diimbangi dengan iman yang kuat, sehingga kita bisa menerima kekurangan diri dan menerima setiap apa yang dihadapi. 

    Nah. ternyata banyak manfaat yang didapatkan, ketika kita telah memenuhi kebutuhan diri (self care). Manfaat apa saja yang didapatkan ketika seseorang terpenuhi  kebutuhan dirinya : 


    • Dapat mencegah stres                                                                                                                       Dengan merawat diri, kita bisa mencegah munculnya stres, sehingga hidup kita menjadi lebih baik.

    • Suasana hati menjadi lebih stabil.                                                                                          Dengan merawat diri dapat menjaga suasana hati agar tidak bosan menjalankan rutinitas.

    • Kita akan menjadi orang yang lebih baik untuk orang lain.                                           Manusia merupakan makhluk sosial, dan memiliki jiwa empati yang sangat tinggi. Kebanyakan dari para ibu lebih mementingkan kebutuhan orang lain dibandingkan kebutuhannya sendiri. Padahal dengan terpenuhinya kebutuhan diri maka kita akan menjadi orang lebih baik untuk orang lain. 

    • Memberi diri kita kesempatan untuk me time yang berkualitas.                                           Dengan meluangkan waktu untuk diri sendiri, maka itu merupakan cara untuk mengisi energi diri supaya lebih optimal. 

    • Membuat tubuh menjadi jauh lebih tenang dan rileks.                                               Memenuhi kebutuhan diri tubuh menjadi jauh lebih tenang dan rileks,seperti mainan anak yang diganti dengan baterai yang baru.

    • Meningkatkan rasa kepercayaan diri                                                                                        Self care bisa membuat diri ini semakin mengenal diri sendiri dan mencoba mencari tahu apa yang bisa kita lakukan.


    Aktivitas apa yang dapat memenuhi kebutuhan diri (Self Care). 




    1. Tidur yang cukup

    Orang yang  memiliki waktu tidur yang cukup, ia dapat mengelola emosi dengan baik dalam aktivitas yang dijalankannya. Karena jika seseorang kurang tidur biasanya aktivitas dan tubuhnya terganggu, seperti stress dan gampang sakit kepala. Mulai sekarang yuk mulai diperhatikan waktu tidurnya. 

    2. Olahraga setiap hari

    Dengan melakukan olahraga setiap hari, tentunya akan membuat mood menjadi lebih baik. Oleh karena itu mulai sekarang yuk mulai melakukan olahraga setiap hari. Tidak perlu olahraga berat cukup berjalan kaki ringan sebelum pergi ke kantor,  yoga di rumah atau bersepeda dengan waktu 15-30 menit sehari. 

    3. Berani menolak

    Berani menolak terhadap sesuatu yang tidak sesuai dengan diri kita, itu merupakan hal yang baik bagi kesehatan mental. Jika ibu bisa melakukan itu ibu sudah berada dalam jiwa yang sehat. 

    4. Melakukan hobi

    Melakukan hobi yang kita sukai dapat meningkatkan kebutuhan diri. Jadi mulai sekarang luangkan waktu untuk melakukan hobi lama dan hidup pun menjadi lebih berarti. 

    5Memperhatikan penampilan

    Sering kali setelah menjadi ibu, menjadi kurang memperhatikan diri  padahal penampilan menjadi salah satu hal penting yang daoat membawa  pada kesuksesan. Oleh karena itu, sangat penting untuk merawat tubuh dan menjaga penampilan. Untuk mendapatkan penampilan yang prima, kita bisa mulai dengan menjaga kebersihan wajah, konsumsi makanan bernutrisi. 


    Jadi mulai sekarang, yuk mulai memperhatikan kebutuhan diri. Sehingga hidup menjadi lebih bermakna dan penuh arti. Seperti sabda rasul.

      

    Barangsiapa mengenal dirinya, maka ia mengenal Tuhannya.”



    Author

    Rizky Arya Lestari

    Saya seorang ibu rumah tangga yang memiliki hobi menulis, tentang parenting, manajemen, keuangan keluarga, dan pengembangan diri.

    1. Betul sekali mbak selfie care yang sudah menjadi kebutuhan wajib untuk kaum ibu2 salah satunya bisa mengontrol emosi🥰

      BalasHapus
    2. baca judulnya aja udah senyum-senyum sendiri dengan istilah 'ratu rumah tangga'. memang kalau bukan kita sendiri lalu siapa lagi yang akan cinta dan sayang sama diri kita sendiri. self care memang penting banget supaya gak stress ya bund.

      BalasHapus
    3. Hahaha bener banget, ratu rumah harus tahu kapan dia overload, jadi mesti curi2 waktu untuk self love kalau ngga mau overloadnya berujung meledak yaa mba hihi

      BalasHapus
      Balasan
      1. Nah kalo meledak seisi rumah bisa kena semburan api naga ekeke

        Hapus
    4. Belum berani bilang tidak soal.y nggak enakan sama keluarga, akhir" ini keluarga yg bahkan nggak gua tau banyak banget yg minta tolong, kadang bikin mood swing. Bukannya ngga mau nolong ya tp minta tolong.y keterusan

      BalasHapus
    5. Berani menolak tuh kadang susah lho buat orang yang ngga enakan. TErnyata ini salah satu self care ya huhuu. Noted deh mba.

      BalasHapus
      Balasan
      1. sama2x. saya pun perlu perjuangan banget untuk ini.

        Hapus
    6. aku suka istilahnya, ratu rumah. berasa istimewa banget. emang ya, emak2 kalau sudah sibuk dengan anak dan urusan rumah, suka lupa merawat diri sendiri. harus selalu diingatkan nih. karena emak yang sehat, bahagia dan waras, jadi syarat wajib keluarga bahagia

      BalasHapus
    7. Nice quote, Barang siapa mengenal dirinya, maka dia akan mengenal Tuhannya. Self care ternyata banyak macamnya, ya, Mba. Semua itu penting soalnya. Sebagai seorang perempuan plus ibu dan istri jangan sampai kehilangan dirinya. Sesekali bisa memberikan penghargaan buat diri sendiri sebagai bentuk self love

      BalasHapus
    8. Benar banget..ngurus anak dan suami eh lupa sama diri sendiri. Memang ya penting memperhatikan kebutuhan diri agar hidup menjadi lebih bermakna dan penuh arti

      BalasHapus
    9. Yuhuuu setuju bgt akutuuu
      Kita kudu self care dan self love juga ye kaannn

      BalasHapus
    10. Self care itu bagiku kunci biar para ibu bisa tetap 'waras' dalam mengurus rumah tangga dan mengasuh anak-anak.

      BalasHapus
      Balasan
      1. ya mbak betul banget kudu waras dan menikmati proses

        Hapus
    11. Itulah kenapa saya mementingkan me time, semata-mata sebagai bentuk self care saya untuk bisa sedikit lebih waras dari segala kepenatan masalah rumah tangga dan seputaran nya

      BalasHapus
    12. Selfcare memang penting ya mba bagi ratu rumah tangga...Biar tetap bahagia..hehe
      Setuju banget sama quote nya Barangsiapa mengenal dirinya maka dia akan mengenal tuhannya

      BalasHapus
    13. Selfcare emang penting banget untuk mencharger diri, tapi sulit dilakukan dan aku sekarang lagi ada d posisi itu. Anakku yg lagi aktif belajar merangkak cukup mengalihkan duniaku 😄 Bahkan untuk sekadar buka handphone pun perlu meluangkan waktu tersendiri, kecuali ada yg nelpon 😅

      Untuk saat ini aku berusaha untuk memperbaiki kwalitas tidurku yang masih blum stabil karena masih harus bangun malam untuk menyusui atau kalau si kecil ngajak begadang. Kurang tidur bisa merubah diri jadi macan🤣🤣


      Semangat ratu rumah tangga..

      BalasHapus
      Balasan
      1. semangat mbak aku pun pernah di posisi itu. pokoknya kalo kwalitas tidur harus terpenuhi. pengaruh banget sama emosi.

        Hapus
    14. Dimasa awal resign dan anak-anak masih kecil, sempat juga merasa stres karena terbiasa bekerja dan memiliki gaji sendiri. Tapi setelah masuk ke dunia menulis dan menemukan apa yang dicari, saya merasa lebih bahagia dan bangga dengan diri sendiri, yang tanpa disadari membuat saya lebih menikmati waktu bersama anak-anak di rumah. Yap, self care memang penting agar kita lebih bahagia dengan diri sendiri.

      BalasHapus
    15. Belum menikah, tapi pernah mengalami masa perlu self care. Apalagi ketika kerja di ibu kota, sering lembur, pagi subuh sudah berangkat kerja. Jadi sandwich generation. Bebannya berat dan saat itulah saya menyadari perlunya sering self care.

      BalasHapus
      Balasan
      1. masya Allah semangat. saya pernah ada di posisi ini. insya Allah semua bisa dilalui yes. nanti menemukan klik nya "yess i'am"

        Hapus
    16. Aku juga doyan self care, dan semua yg ada di list hampir aku laksanain sebagai selfcare. Emang asik dan nenangin banget

      BalasHapus
    17. Self care buat ratu rumah tangga emang penting
      Biar tetap waras menjalani semua peran

      BalasHapus
    18. Membaca ini sambil mendengarkan pesawat kertas milik siska jkt48 rasanua nyes mbak. Sebagai ratu di rumah aku sedang melow juga nih. Dan bener butuh selfcare

      BalasHapus
    19. Ratu rumah kalau kurang-kurang self care bisa bahaya, rusak suasana satu rumah

      BalasHapus
    20. Kalau sudah malas olahraga, kurang minum, dan makan asal-asalan..saya langsung bertanya sama diri saya sendiri? kok saya gini ya? kok saya gak sayang sama tubuh sendiri ya. Akhirnya dengan begitu jadi mulai self care lagi..peduli sama tubuh dan hati yang sudah Allah amanahkan untuk dijaga dengan baik.

      BalasHapus
    21. Memperatikan penampilan ini ternyata bagian dari self care yaah..
      Soalnya aku termasuk yang rewel ketika bepergian. Dalam artian, kudu jelas kemana biar OOTDnya sesuai, gitu..
      Hehhee..kalo random, sering saltum dan bikin gak nyaman banget. Ya, untuk diri sendiri, ya juga diliatin orang. Kaya makhluk planet lain.

      Hehhe, self care jadi point penting yaa..

      BalasHapus
    22. ah setuju bangeeetttt. aku yang masih single gini kalo liat temen lagi ngurus anak auto ikutan stress hehe semoga aja para buibu tetap bisa me time yaa~

      BalasHapus
    23. nah betul banget ini .. Tuhan yang menciptakan kita aja sayang banget sama kita, masak kita ngga menyayangi diri sendiri, yakan mom?.....

      BalasHapus
    24. Berani nolak itu penting juga ya, Mbak. Kadang kan ngerasa ndak enakan, kalau ada yang minta tolong. Akhirnya jadi ribet sendiri

      Makasih remindernya, Mbak

      BalasHapus
    25. Suka curi waktu drakoran siang2 pas anak2 sibuk dgn aktivitas masing2. Krn seringnya klo ga hp disita anak2 ya tv dikuasai.jd pas bs nonton 1 episode aja udh seneng bgt.hehehe

      BalasHapus
    26. Setuju banget, aku single tapi pernah ngurus ponakan, kerasa banget sih. Aku salut sama para ibu, semangat terus yaa

      BalasHapus
    27. Aku kadang masih rancu, jadi klo pas sibuk terlalu sibuk banget, tp kadang klo pas jatuh malasnya dan situasi mendukung sepagi , siang gak ngapa-ngapain. Abis merasa buang2 waktu..

      BalasHapus