BLANTERORBITv102

    Mengoptimalkan Dana Dapur, Meal Plan Menggunakan Yummy App.

    Sabtu, 21 Agustus 2021


    Hai ibu cerdas dalam tulisan kali ini, saya akan membahas tentang mengoptimalkan dana dapur, melakukan Meal Plan dengan menggunakan aplikasi Yummy.App.  

    Dana dapur yang dikeluarkan para ibu setiap minggu. 
    Secara acak saya melakukan  survei di media sosial, untuk mengetahui berapa dana yang dikeluarkan oleh para ibu untuk memasak lauk pauk selama satu minggu.  Kesimpulannya setiap keluarga mengeluarkan sebesar Rp. 300.000,- sampai  Rp 700.000.- untuk biaya membeli bahan makanan atau membeli lauk pauk yang telah matang. Wow ternyata cukup besar juga ya. Seorang ibu menyatakan dengan dana yang diperoleh ia harus memutar otak, sehingga   yaitu  melakukan   Meal Plan.

    Apa itu, Meal Plan ? 
    Meal Plan merupakan perencanaan bahan makanan pertiga hari hingga satu minggu, yang berisi berbagai macam menu makanan pagi hingga malam. Dengan adanya perencanaan makanan banyak manfaat yang diperoleh seperti : Menghemat Pengeluaran, Menu lebih bervariatif, dan  Waktu memasak lebih efektif.

    Menghemat Pengeluaran.
    Dengan melakukan Meal Plan ibu  sudah mengetahui apa saja yang akan dibeli ketika berbelanja,  sehingga dana yang dikeluarkan hanya untuk kebutuhan membeli bahan-bahan yang akan dimasak sesuai dengan menu yang telah direncanakan. Berikut contoh meal plan selama 5 hari. 


    ibu pun dapat menambahkan menu snack dan buah  dalam Meal Plan tersebut, saya membuat selama 5 hari karena biasanya sabtu dan minggu berkunjung ke rumah mertua atau orang tua. 

    Menu Makanan Menjadi Lebih Bervariatif
    Sebelum melakukan Meal Plan saya sering bingung ketika memasak padahal  sudah membeli bahan makanan untuk satu minggu, namun setelah terbiasa melakukannya meja makan saya lebih bervariasi. Dan tidak bingung lagi ketika akan memasak. Dengan menu yang bervariatif maka komposisi gizi pun akan lebih seimbang. 

    Waktu memasak lebih efektif.
    Karena setiap menu sudah terencana dalam setiap harinya, sehingga waktu memasak pun menjadi lebih cepat, kurang lebih 45 menit menu yang saya buat sudah tersedia di meja makan. 

    Solusi dalam membuat Meal Plan. 
     Baru-baru ini, saya mengenal sebuah aplikasi baru untuk memasak yaitu Yummy App. Dalam aplikasi ini ada beragam resep  masakan, minuman, kue, donat dan camilan yang cukup praktis, berikut dengan langkah-langkah yang tepat. Sehingga dapat meminimalisir kegagalan dalam mempraktiknya.  Resep-resep yang disajikan pun sudah di uji oleh chef-chef handal sebelumnya.  


     Keunggulan Aplikasi Yummy App. 
    Aplikasi ini cukup menarik bagi saya, karena bisa mencari bahan-bahan yang telah ada dirumah. Klik misal ayam, bawang, wortel, buncid, ketang. Kemudian aplikasi menyajikan beragam menu yang dapat diolah. 

    Dalam aplikasi ini,  terdapat beragam tips dan trik dalam mengolah makanan, selain itu beragam menu-menu sehat untuk anak-anak, dan resep untuk meningkatkan imun. Ini sangat dibutuhkan oleh para ibu di era pandemi ini. Hal paling menakjubkan dari apikasi ini adalah tersedia menu memasak sesuai bujet, yaitu dengan uang sebesar Rp. 10.000.- Ibu dapat mencoba resep senilai nominal tersebut dengan menu yang cukup variative.Selain itu dalam aplikasi ini, tersedia resep-resep sesuai dengan dana yang akan kita keluarkan. Aplikasi ini keren banget menurut saya. Sehingga menjadi solusi dalam membuat Meal Plan mingguan saya. Bagi  yang mencari refrensi resep-resep baru apilkasi ini cukup untuk di coba.




    Author

    Rizky Arya Lestari

    Saya seorang ibu rumah tangga yang memiliki hobi menulis, tentang parenting, manajemen, keuangan keluarga, dan pengembangan diri.

    1. Saya sejauh ini blum pake meal plant sih mba sukanya spontan aja kalau masak tp bagus jg sih karena terencana gitu. Sejak pake App Yummy terbantu banget mengolah bahan yang ada di kulkas

      BalasHapus
      Balasan
      1. hihihi saya lebih suka terencana, aplikasi membantu saya untuk penyesuian bujet dan referensi resep saja.

        Hapus
    2. Setuju, untuk melakukan meal plan, aplikasi Yummy ini membantu sekali. Beragam resep ada di dalam dan bisa dilihat dalam aneka filter. Kita bisa memilih yang sesuai budget juga jadi bisa mengestimasi pengeluaran ya.

      BalasHapus
    3. Wah iya ya dengan adanya meal.plan begini masak jd lebih terencana, mengurangi bocor2 halus di anggaran dapur kita ya.. untung ada yummy app yg mempermudah pelaksanaan meal plan ini ya..

      BalasHapus
    4. Ide bagus mbak, meal plan benar-benar membantu yaa..

      BalasHapus
    5. Terkadang saya meremehkan meal plan ini deh. Mungkin mulai skrng saya harus mulai menggunakan meal plan dan buka Yummy App

      BalasHapus
    6. Aku nggak pernah bikin meal plan, Mbak. Alasannya jelas karena variasi menu yang bisa aku masak terbatas banget. Tapi besok aku coba pakai Yummy App ah, pasti bisa bikin meal plan juga. Makasih sharingnya, Mbak.

      BalasHapus
    7. ah iya, seru banget pakai aplikasi Yummy App ini.bisa pilih masakan sesuai bahan yang ada di kulkas

      BalasHapus
      Balasan
      1. Betulll menu makanan bisa semakin bervariasi ❤️

        Hapus
    8. jiwa unwell prepared saya menjerit melihat deretan mealplan yang rapi jali gitu, hehe.. saya belum terbiasa well prepared untuk urusan menu, tapi sepertinya bagus jika bisa mulai perencanaan yang baik untuk menu makanan keluarga, selain hemat waktu, hemat biaya juga ya mba

      BalasHapus
    9. Jadi ibu, memang harus pandai2 memenej keuangan termasuk biaya tuk masak. Aplikasi yg sangat membantu ini.

      BalasHapus
    10. Meal plan ini cocok untuk orang-orang yang teratur ya. haha
      Aku termasuk yg suka improvisasi
      jadi apa yang dikasih bagian belanja aja, itu yg aku olah
      tapi apapun kondisinya Yummy App ini

      BalasHapus
      Balasan
      1. Apapun kondisinya Yummy App selalu di hati para ibu ❤️

        Hapus
    11. Aku jarang banget mengatur meal plan, Mbak. Selain emang orangnya moody jadi seumpama udah diplaninng nih tapi ternyata pas hari H nya nggak mood. Alhasil, mending masak yang ada aja. Tapi aku sukanya Yummy App ya karena fitur masakan yg dipilih dari bahan yang tersedia aja.

      BalasHapus
    12. Cocok untuk yang mudah bosan pada makanan. Meal plan kadang kalah dengan bahan di kulkas. Rekomenasi banget tulisan ini agar konsisten membuat meal plan ini.

      BalasHapus
    13. Aku jarang bikin meal plan tapi setelah baca ini jadi terinspirasi untuk rutin bikin meal plan karena bisa mengatur menu sesuai budget ya, apalagi dibantu dengan aplikasi Yummy App yang punya filter resep sesuai budget.

      BalasHapus
    14. Yummy app memang aplikasi yang keren ya mba, banyak resep yang enak dan praktis disana. Cocok untuk inspirasi menu harian bahkan buat ide jualan. Saya juga sdh install dan pake aplikasinya

      BalasHapus