BLANTERORBITv102

    Resensi : MUSLIMAH CANTIK CERDAS DI DAPUR

    Minggu, 18 Februari 2018


    Judul buku               : MUSLIMAH CANTIK CERDAS DI DAPUR
    Pengarang                : Ar-Royyan Dwi Andini
    Penerbit                    : Pro U media 
    Tahun terbit               : 2012.
    Jumlah Halaman       : 164 Halaman.
    Harga buku                : .

    Sampul berwarna kuning, terapat gambar seorang muslimah cantik sedang berada di dapur. Sampulnya sangat  menarik perhatian saya, Buku ini sudah lama saya beli sekitar tahun 2015. Namun minggu kemarin saya selesai membacanya dengan hingga selesai

    Apa Isi dari buku ini ?
    Setelah membaca buku ini, saya mendapatkan banyak hal, seperti Al-qur’an membicarakan makanan, Menengok dapur rumah yang terabaikan, Mengapa Enggan ke Dapur?, Manfaat Fungsi Dapur, Agar Betah di dapur. Dan ada 16 bab lain yang sangat penting bagi kita sebagai seorang muslimah supaya tidak malas untuk ke dapur.

    Salah satu bab yang cukup menarik bagi saya ada di bab 18 Antara Pendidikan dan Dapur.
    “Untuk apa sekolah tinggi-tinggi kalua akhirnya ke dapur juga?” Mungkin pertanyaan ini sering sekali kita dengar. Atau ungkapan yang menyataka bahwa” Betapa sayangnya sarjana tapi masih mengurusi dapur, ilmunya tidak terpakai, kalua begitu untuk apa capek-cepek sekolah.

    Wahai muslimah, ketahuilah bahwa pendidikan itu sangat penting. Sekolah jangan berpatokan pada dapur. Kejarlah pendidikan itu sampai setinggi-tingginya, jangan dulu dikaitkan dengan dapur,Karena setelah berpendidikan kita merasa bahwa pendidikan itu perlu juga dilakukan di dapur.

    “Menjalankan peran di dapur di tuntut untuk berpengetahuan luas dari manajemen keuangan sampai wawasan ilmu social, dari pengetahuan kesehatan dan gizi sampai pada pengetahuan menu, dari penguasan alat yang menggunakan listrik sampai penguasaan resep.” (Hal  : 134)


    Bab tersebut yang membuat saya menyalakan semangat untuk beraktiftas di dapur.



    Kelebihan Buku,
    Kelebihan dari buku ini menurut saya buku yang sangat lengkap, diawali dengan bagaimana memilih makanan yang halal, ada tata cara membuat dapur nyaman, bagaimana mengatur dapur dengan baik, mengolah makanan sisa, dan dikasih bonus resep juga. Ehmmm sehabis membaca buku ini, jadi ingin langsung praktek menu yang cukup praktis dan mudah.

    Dalam hal kekurangan saya belum menemukan buku yang sejenis sehingga belum bisa membandingkan dengan buku lain.

    Buku ini direkomendasikan untuk muslimah, calon istri dan istri supaya lebih giat lagi untuk pergi ke dapur. Sehingga dapur yang cantik kita pun tetap cantik walau sering ke dapur.


    Tentang penulis

    Arroyan Dwi Andini merupakan nama pena Dini Irawati. Penulis dari Pontianak. Penyuka aktifitas di dapur ini sangat suka mengotak-atik resep. Ia merupakan pemilik “Diarfi Kue”. Meskipun penggila dapur, ia tidak meninggalkan hobi menulisnya. Selain buku ini, ada tiga buku yang telah di terbitkan : Gigi Sehat Ibadah Dahsyat; Curhat Qurani Menulis bersama Allah.




    Author

    Rizky Arya Lestari

    Saya seorang ibu rumah tangga yang memiliki hobi menulis, tentang parenting, manajemen, keuangan keluarga, dan pengembangan diri.