BLANTERORBITv102

    Perjalanan Bersama Bayi

    Selasa, 23 Januari 2018


    Bagi ibu yang memiliki hobi perjalanan, dan  membawa bayi usianya masih kurang dari 6 bulan, pastinya memiliki perasaan khawatir dengan keadaan bayi selama di perjalanan.  Berdasarkan pengalaman yang dialami, mengajak bayi perjalanan jauh  tidak seperti yang di khawatirkan. Kali ini saya akan cerita  pengalaman bersama Ara pada saat usianya baru menginjak 2,5 bulan.

    Perjalanan dengan Kereta Api.

    Perjalanan pertama kami bersama Ara yaitu melakukan perjalanan dari Solo-Tasik  dengan menggunakan kereta, barang yang kami bawa selama perjalanan yaitu,  Pakaian ganti selama dijalan, bantal.kecil, selimut dan mainan.
    Perjalanan menggunakan kereta api dengan bayi menurut saya relatif aman, di bandingkan dengan pesawat. karena tidak ada tekanan udara yang berbeda. meskipun usia 2 bulan sebetulnya sudah relatif aman untuk membawanya menggunakan pesawat,  namun saya masih memiliki rasa khawatir, sehingga lebih memilih kereta untuk perjalanan jauh bersama Ara kali ini.

    Pada saat dalam kareta, Ara cukup nyaman karena kami menggunakan kereta eksekutif, dengan alasan agar Ara nyaman dalam perjalanan,  namun karena jarak Tasik-Solo memiliki jarak  tempuh cukup jauh selama 6 jam. Di tengah perjalanan Ara sempat menangis, mungkin ia bosan dengan suasana di dalam kereta,  saya pun membawanya berjalan di dalam gerbong kereta, akhirnya tangis nya pun mulai reda. Beberapa saat kemudian ia mulai menangis lagi, lalu saya ajak  ia bernyanyi dan memainkan mainan yang di bawa saat itu. Ara pun mulai anteng menikmati  perjalanan-nya  Di dalam kereta ia bisa tidur cukup lama. Sehingga saya dapat istirahat  terlebih dahulu. dan ia tidur menggunakan.bantal yang kami bawa.

    Perjalanan dengan Pesawat.

    Pengalaman kedua ketika Ara usia 3,5 bulan,  kami akan melakukan liburan ke Bandung ke Emak Bandung (Nenek nya Ara). Saat itu kami memilih menggunakan pesawat untuk menghemat waktu, karena usia Ara sudah lebih siap dalam perjalanan menggunakan pesawat. perlengkapan yang kami relatif sama, seperti perlengkapan ganti selama di perjalanan Solo-Bandung, mainan, gendongan depan, jaket, kaos kaki, dan penutup telinga. Karena pesawat yang kami tumpangi merupakan pesawat kecil jadi tidak menyediakan penutup telinga untuk bayi.
    Pada saat  Take off  ia mulai menangis, kemudian saya berikan susu dan ia pun tertidur. hingga landing  di Bandung. Yeahh,, Akhirnya Ara sudah berhasil melakukan perjalanan menggunakan pesawat.
    Namun pada saat perjalanan pulang dari Bandung ke Solo, ia sempat menangis ketika di dalam pesawat karena pesawat delay, karena tadi sudah  tidur di bandara. sehingga ketika di pesawat ia merasa bosan. Dan akhirnya kami berikan mainan dan susu. ia pun tertidur hingga tiba di Solo.

    Tips-Tips Perjalanan Bersama Bayi
    1.Kesehatan Bayi
    Kesehatan Bayi sangat penting pada saat melakukan perjalanan, pastikan kondisi bayi dalam keadaan sehat, sehingga ketika dalam perjalanan bayi tidak terlalu rewel.

    2.Perlengkapan
    Bawalah perlengkapan yang cukup selama perjalanan. yang paling penting adalah perlengkapan bayi dan obat bayi untuk antisipasi selama perjalanan.

    3.Mainan
    Mainan merupakan hal yang wajib bagi saya. karena anak kami mudah bosan sehingga untuk mengalihkan perhatiannya saya alihkan dengan mainan sesuai usianya.

    Kondisi Ibu dan Ayah
    Kondisi ibu dan Ayah pun harus dijaga, terutama ibu jangan sampai terlalu lelah. sehingga bisa menikmati perjalanan. Lalu menikmati perjalanan di tempat yang menjadi tujuan.
    #SatuHariSatuKaryaIIDN

    Author

    Rizky Arya Lestari

    Saya seorang ibu rumah tangga yang memiliki hobi menulis, tentang parenting, manajemen, keuangan keluarga, dan pengembangan diri.