BLANTERORBITv102

    Melatih Kemandirian Batita  

    Jumat, 26 Januari 2018

    Anak usia batita sebaiknya sudah mulai dilatih untuk mandiri. Orang tua bisa mengajarkan dari hal-hal yang biasa dilakukan untuk dirinya sendiri.  
    Melatih Kemandirian pada batita, tentunya memerlukan kesabaran bagi orang tua yang sedang melatih-nya. Hal apa saja yang dapat dilatih usia batita ?
    Usia 1 Tahun.
    Dapat dilatihan dengan memakai gayung atau  shower ketika mandi berikan kepercayaan pada anak untuk melakukannya sendiri, memegang sendok, memegang gelas dengan kedua tangan, makan sendiri, membuang sampah, mengelap tumpahan air.  Setidaknya anak sudah mau melakukannya.
    Usia 2 Tahun.
    Aktivitas yang dapat dilatih untuk anak usia 2 tahun yaitu.  Melakukan makan sendiri  dengan sendok, mengajarkan toilet training, belajar melepaskan pakaiannya sendiri, membereskan mainnya, melepas dan membuka sepatu, belajar mencuci muka.dan tangan.
    Usia 3 Tahun.
    Memberikan kebebasan bagi anak untuk berjalan sendiri, membereskan tempat tidur, melakukan tugas rumah bersama. bermain sepedah.
    Pada saat melatih kemandirian hasilnya  tentu belum sempurna, namun  sekecil apapun yang dilakukan oleh anak berikanlah apresiasi sebagai bentuk penghargaan. Berupa tepuk tangan, ciuman, pelukan, kata-kata yang dapat memotivasinya. misalnya : “Good Job Nak!”. “Wah, kamu hebat sudah bisa makan sendiri.
    Namun, jka ia belum dapat melakukanya dengan  benar, maka kita sebagai orang tua, berilah contoh yang baik yang benar, sehingga ia pun bisa mengikutinya. Lakukam dengan bertahap, tidak terburu-buru. karena proses berlatih tidak ada yang instan. Nikmatilah setiap prosesnya.
    Melatih kemandirian merupakan hal yang penting untuk kehidupannya di masa yang akan datang. Sebagai orang baiknya mempersiapkannya dan melatihanya sedini mungkin supaya anak dapat terbentuk dengan kebiasaan baik untuk dirinya sendiri.
    Yuk kita mulai melatih kemandirian anak dari sekarang

    Author

    Rizky Arya Lestari

    Saya seorang ibu rumah tangga yang memiliki hobi menulis, tentang parenting, manajemen, keuangan keluarga, dan pengembangan diri.