BLANTERORBITv102

    Kapan Mulai Disipin?

    Senin, 29 Januari 2018


    Kali ini saya ingin berbagi mengenai  disiplin pada batita, Mengapa akhir-akhir ini tentang batita? karena  saya menulis berdasarkan pengalaman yang dilakukan bersama Ara.

    Kapan menerapkan disiplin pada Ara?
    Setelah Ara lahir, setiap hari saya membuatkan jadwal dari mulai tidur sampai tidur lagi. Hal ini dilakukan dengan tujuan  kelak ia bisa disiplin dengan aktivitas dan memiliki rasa tanggung jawab terhadap diri sendiri.  Hasilnya, usia semakin besar ia telah terbiasa dengan aktivitas hariannya dia, seperti bermain, makan, minum, mandi. dan tidur. Misal ketika waktu ia mandi, namun masih repot dengan aktivitas domestik maka ia akan meminta di mandikan, sehingga saya berhenti melakukan  aktivitas sebentar, lalu  memandikan-nya setelah selesai baru melanjutkan kembali aktivitas domestik.

    Membiasakan Disiplin sejak dini merupakan hal positif yang dirasakan. Ara saat ini sudah cukup mandiri di usianya 17 Bulan. Namun dalam hal melatih kedisiplinan saya pun harus lebih banyak bersabar. Misalnya saat ini Ara sedang sulit diajak membersihkan ketika selesai BAK, sehingga saya harus mengerjar-ngejar ia terlebih dahulu. Ketika diajak untuk ke kamar mandi saya beri tahu bahwa jika tidak bersihkan badannya akan gatal. Akhirnya saya pun dapat membawanya untuk membersihkan badan.

    Apa Yang Dilakukan jika ia melanggar, biasanya saya diamkan sebentar 1-2.menit. lalu ia akan menghampiri saya kemudian meminta maaf dengan kesalahannya. Seperti malam ini, ketika saya ajak tidur ia masih ingin bermain, namun sudah waktunya untuk tidur sehingga ia memukul saya. Ketika telah memukul saya beri tahu ia bahwa ini tidak baik, ia memukul kembali. Kemudian saya beritahu bahwa di pukul sakit. Lalu saya diam. Ia berkata “Salim, sun.” sebagai tanda maaf kepada saya.

    Yuk, mulai melatih disiplin pada anak.

    Author

    Rizky Arya Lestari

    Saya seorang ibu rumah tangga yang memiliki hobi menulis, tentang parenting, manajemen, keuangan keluarga, dan pengembangan diri.