BLANTERORBITv102

    LOMBA BLOG Tantangan Mengasuh Era Digital

    Rabu, 23 Agustus 2017
    (kikie_alya.dok 2017)



    "Anak saya susah lepas dari gadgetnya, jika  diambil ia marah", tutur seorang ibu berjilbab abu-abu menceritakan perilaku sang anak kepadaku.
    "Kalo boleh tahu, setiap hari ananda berapa jam berada di depan gadgetnya?" tanyaku penasaran.
    "Dari bangun tidur Bu, ia sudah mencari gadgetnya, saya juga bingung bagaimana mengatasinya. Ia mengelus kepala anaknya yang sedang duduk kemudian melanjutkan pembicaraan  “awalnya saya memberikannya gadget,  supaya  bisa menjalankan aktivitas di rumah, lama-lama dia jadi anteng sendiri", ucapnya lagi.
    Aku pun mulai memperhatikan anak yang berusia 3 tahun itu. Ia sangat fokus sekali dengan dunianya.
        Di tempat lain aku bertemu ibu lain yang membawa anak seumur dengan anak ibu tadi. Ia sedang asyik bernyanyi kemudian berhitung, dan menanyakan apa yang sedang ia lihat kepada ibunya.
    "Bun, ada mobil red", ucapnya sambil menunjukkan mobil berwarna merah.
    "Ia mobil red, merah yah Nak.", jawab sang ibu.
    Aku pun mulai mengobrol dengan ibu si anak yang sudah cerdas dalam hal komunikasi.
    "Bu, Anaknya sudah bisa pintar banget bicaranya,"
    "Ia, sama Papanya sering diajak mengobrol, nyanyi, kadang mereka menonton bersama di you toube."tuturnya.
    "Oh begitu, ananda di kenalkan dengan gadget usia berapa bulan?"
    "Lima bulan, saya kenalkan lagu, doa sehari-hari, ayat-ayat pendek. Sambil menonton saya temani belajar bareng namun tidak lama", tuturnya.
    “Bu, kalo saya tahu, ibu terbantu dengan memperkenalkan gadget kepada anak ibu?”tanyaku.
    “Sedikit membantu, saya gunakan untuk ia belajar, setiap menggunakan gadget kami dampingi” jawabnya lagi.
    Sekilas dari cerita di atas sering ditemui ketika kita sedang berjalan-jalan, menunggu dokter, atau di tempat perbelanjaan. Menjadi orang tua di masa  sekarang ini memiliki penuh banyak tantangan, semua kemudahan teknologi, lingkungan memiliki pengaruh  pengasuhan orang tua. Sehingga peran orang tua sangat tinggi dalam pengasuhan. Orang tua tidak bisa mempercayakan pengasuhan kepada pengasuh, sekolah dan lingkungan.  Pengendali terbesar ada pada orang tua terutama ibu. Bagaimana orang tua mengasuh anak dalam dunia digital : 

    1. Menyamakan visi dan misi antara suami dan istri dalam pola asuh.
      Dalam pengasuhan antara suami dan istri harus satu suara, anak akan diarahkan seperti apa di masa depan. Pembagian tugas antara istri dan suami. Misalnya istri karena lebih sering menemani anak maka ia yang lebih banyak berperan dalam aktivitas dan kegiatan sang anak. Sedangkan suami sebagai pengambil keputusan. 

    2. Dampingi anak ketika bermain gadget, menonton tv.
    Anak di masa sekarang ini memang sulit jika di hindarkan dari aktivitas menonton TV, dan Gadget. Jika sang anak sudah terlanjur suka maka sebagai orang tua pilihlah chanel  untuk anak dan selalu dampingi ketika menonton. Kita pun ikut menjelaskan apa yang sedang anak tonton. Misalnya ia senang dengan lagunya "baby shark" sambil bernyanyi, maka kita bisa menjelaskan ada warna apa saja ikan hiunya, ada berapa? Sehingga terjadi komunikasi antara anak dan orang tua. 

    3. Berikan batasan dalam menggunakan  gadget.
    Anak jika dibiarkan sendiri ketika menonton maka ia kan fokus dengan yang ia tonton dan biasanya lupa waktu. Oleh karena itu meskipun ia sangat menyukainya kita tetap berikan batasan waktu misal 15 menit atau 30 menit. Jika sudah maka matikan saja tanya lalu diberikan aktivitas lain. Misal main boneka, mendongeng, robot-robotan atau berjalan-jalan keluar rumah supaya ia juga terbiasa untuk sosialisasi. 

    4. Libatkan anak dalam aktivitas harian.
    Usia anak balita sudah bisa dilibatkan dalam aktivitas harian yang sesuai dengan kemampuannya di usia tersebut. Sehingga aktivitas tersebut bisa membantu anak dalam kemandirian dan fokus dengan gadget dan TV. 

    5. Orang tua merupakan role model.
    Orang tua merupakan role model bagi anak. Sehingga jika anak tidak ingin sering bermain gadget, orang tua harus disiplin untuk tidak melakukan aktivitas gadget ketika sedang menemani anak.
    Mengasuh anak dalam dunia digital memang tantangan bagi para orang tua masa kini. Maka lakukan peran orang tua sebaik mungkin ketika berada di dalam rumah. Karena pendidikan terbaik ada di dalam rumah dan orang tua sebagai role model bagi sang anak. Dunia digital memang tidak bisa kita hindari namun kita harus bijak dalam mengenalkan kepada anak.


    #TantanganPengasuhanEraDigital
    #LombablogKBH





    Author

    Rizky Arya Lestari

    Saya seorang ibu rumah tangga yang memiliki hobi menulis, tentang parenting, manajemen, keuangan keluarga, dan pengembangan diri.