BLANTERORBITv102

    REVIEW BOOK "Membangun Karakter Anak Dari Dalam Rumah

    Jumat, 21 Juli 2017


    Judul : Membentuk Karakter Anak Dari Rumah
    Penulis: Enni.K.Chaeruddin
    Penerbit: PT.Elex Media Komputindo
    Jumlah halaman: 2010
    Tahun terbit: 2014
    Tema : Parenting


    Buku terbaru yang baru saya selesai baca di minggu ini adalah buku yang berjudul "Membangun Karakter Anak Dari Rumah" karya Enni.K Chaeruddin. Saya tertarik dengan buku ini karena dapat menambah ilmu di bidang parenting. Pendidikan anak zaman sekarang memang berbeda dengan zaman dulu. Dimana tantangan lingkungan, teknologi, sosialnyanya juga tinggi. Sehingga saya sebagai seorang ibu muda ingin selalu belajar dan menambah ilmu dalam bidang ini. Salah satunya dengan membaca buku ini.

    Di bab pertama di jelaskan tentang.
    Apa Pendidikan Karakter Itu?
    "Kecerdasan dan Karakter adalah tujuan sejati pendidikan" (Martin Luther King Jr). Di dalamnya dijabarkan pengertian karakter dari berbagai sumber dan berdasarkan apa yang penulis alami.
    Berikut saya rincikan poin-poin yang dibahas dalam buku ini.

    Bab1 Apa Pendidikan Karakter Itu
    Bab 2 Mengapa Pembentukan Karakter itu Penting?
    Bab 3 Karakter yang Di harapkan dari Anak
    Bab 4 Beberapa Mitos di Masyarakat
    Bab 5 Beberapa Kesalahan Dalam membentuk
    Bab 6 Masalah yang sering di hadapi Anak
    Bab 7 Ragam Pernainan Edukatif untuk Anak

    "Orang tua, khususnya seorang ibu merupakan sosok pertama yang ditemui anak-anak. Merupakan guru pertama bagi anak-anak. Ibu merupakan tokoh sentral dalam keluarga, yang diharapkan dapat mendampingi anak-anak belajar mengenai hidup. Seorang ibu adalah (role model) contoh bagi anak-anak. Mereka melihat mendengar apa yang dibicarakan oleh ibu.(Hal 10)




    Dalam buku ini dibahas mengenai bagaimna menstimulasi ketika karakter anak belum muncul. Contohnya ada anak yang belum berani disini dijelaskan bagaimana orang tua melakukan stimulasinya di rumah. Misal untuk usia 5 tahun sudah bisa di minta tolong untuk ke warung yang dekat dengan rumah untuk membelikan sesuatu. Selain itu dibahas juga beberapa kasus yang sering terjadi di lingkungan sehingga pelan-prlan orang tua pun bisa mempraktikan di rumah kepada anak stimulasi apa yang bisa dilakukan sehingga bisa mengoptimalkan karakter yang belum muncul.




    Buku ini di rekomendasikan bagi orang tua yang ingin belajar mengenai karakter pada anak. Bahasa yang digunakan juga sangat mudah di cerna. Selain itu kasus-kasus yang di ceritakan sering kita hadapi di rumah oleh anak.

    Tentang penulis yaitu Enni.K. Haeruddin yang merupakan nama pena dari Enni Kurniasih, beliau merupakan ibu dua anak dari Dika dan Dani ini, lahir di Bogot, 13 Juni 1977. Minatnya terbesar adalah dunia parebnting, bisnis dan masak. Walaupun backgroubdnya anak tehnik. Dalam dunia parenting, Enni sempat mengikuti pemilihan  Duta Dancow Parenting  Center 2012. Hal ini yang menjadi motivasi menulis buku tentang karakter anak.

    Beberapa tulisannya bisa dilihat dalam antologi kumpulan.cerpen anak Senyum Malaikat Kecil (Penerbit Harfeey, Yogyakarta) dan anyologi flash fiction Rainbow (Rinra Publishing, Makasar). Dan sebuah tulisan yang dimuat Media Kawasan Jakarta edisi November 2012. Ingin dekat dengan penulis bisa di https://www.facebook.com/enni.kurniasih



    -


    Author

    Rizky Arya Lestari

    Saya seorang ibu rumah tangga yang memiliki hobi menulis, tentang parenting, manajemen, keuangan keluarga, dan pengembangan diri.