BLANTERORBITv102

    NICE HOME WORK #4

    Sabtu, 18 Februari 2017

    Alhamdulillah saya sudah sampai NHW4.
    Masih kuat.. Dan masih semangat meskipun rada terseok-seok untuk minggu ini. Ara yang lagi sakit dan Pak su juga. Jam malam saya yang biasa saya gunakan untuk belajar saya gunakan untuk berisitirahat. (Malah curhat)...
    Mengenain NHW 4 ini membutuhkan perenungan yang cukup mendalam. Karena bisa saja kita merubah apa yang kita pelajari sebelumnya dan selanjutnya.
    Merenung dan merenung dan deadline pun akan segera habis.
    Untungnya di Matrikulasi ini ada dispensasi pengumpulan. Akhirnya saya wa sang koordinator minggu ini. “bundaa saya dispensasi untuk pengunpulan NHWnya...
    Dan sang koordinator pun dengan sigap membalas wa saya. “Baik bun semoga di mudahkan”. “Makasih banyak bundaa” jawabku singkat.

    Okey...
    Akhirnya Ara tidur cepat dan Pak Suami lagi sibuk sama laptopnya.
    Di mulai dengan Bissmillahirohmanirohim. Saya mulai mengerjakan NHW4 ini.
    Materi  minggu ke 4 ini membahas tentang MENDIDIK DENGAN KEKUATAN FIITRAH


    a) Mari kita lihat kembali Nice Homework #1 , apakah sampai hari ini anda tetap memilih jurusan ilmu tersebut di Universitas Kehidupan ini? Atau setelah merenung beberapa minggu ini, anda ingin mengubah jurusan ilmu yang akan dikuasai?
    Saya tetap memilih jurusan ilmu yang telah saya pilih di NHW 1. Yaitu Manajemen karena mengenai ilmu ini sangat luas. Mencakup diri sendiri, pasangan, keluarga, anak dan masyarakat memerlukan ilmu menajemen. Namun untuk  kali ini mungkin ada beberapa yang perlu saya fokuskan yaitu mengenai manajemen  parenting mengapa demikian meningat saya baru menjadi seorang bunda baru alias (mamah muda) masih banyak harus belajar mengenai hal ini. Selanjutnya untuk cabang ilmu lainnya saya memilih memanajemen diri, pasangan, keluarga. Kemudian dunia kepenulisan dan bisnis. Sehingga dapat disimpulanan saya tetap memilih manjemen untuk saya dalami dalam kehidupan saat ini dan masa yang akan datang.
    b) Mari kita lihat Nice Homework #2,  sudahkah kita belajar konsisten untuk mengisi checklist harian kita? Checklist ini sebagai sarana kita untuk senantiasa terpicu “memantaskan diri” setiap saat. Latih dengan keras diri anda, agar lingkungan sekitar menjadi lunak terhadap diri kita.
    Mengenai NHW 2 saya setelah saya evaluasi baru 55% yang saya jalankan. 45% saya belum konsisten masih flexsibel dengan agenda harian dan mood. Dengan hal ini maka mulai saat ini saya lebih konsisten dengan checklist yang telah saya buat. Sehingga perubahan yang akan terlihat signifikan.
    c) Baca dan renungkan kembali  Nice Homework #3, apakah sudah terbayang       apa kira-kira maksud Allah menciptakan kita di muka bumi ini? Kalau sudah, maka tetapkan bidang yang  akan kita kuasai, sehingga peran hidup anda akan makin terlihat. Setelah saya merenungi dengan apa yang telah saya jalani dalam hidup maka
    Misi hidup : Memberikan inspirasi kepada orang lain dengan apa yang telah saya lakukan.
    Bidang : Manjemen parenting dan keluarga
    Peran : Inspirator
    d) Setelah menemukan 3 hal tersebut,  susunlah ilmu-ilmu apa saja yang diperlukan untuk menjalankan misi hidup tersebut.
    Untuk menjalanakan misi yang telah saya buat maka saya harus menjadi ibu yang profesional terlebih dahulu. Tahapan ilmu yang akan saya tempuh yakini;
    1. . Bunda Sayang : Ilmu-ilmu seputar pengasuhan anak
    2. Bunda Cekatan : Ilmu-ilmu seputar manajemen pengelolaan diri dan rumah tangga
    3. Bunda Produktif : Ilmu-ilmu seputar minat dan bakat, kemandirian finansial dll.
    4. Bunda Shaleha : Ilmu tentang berbagi manfaat kepada banyak orang
    e) Tetapkan Milestone untuk memandu setiap perjalanan anda menjalankan Misi Hidup
    Saya menetapkan KM 0 di usia saya 27 tahun, kemudian berkomitmen tinggi akan mencapai  10.000 (sepuluh ribu ) jam terbang  dalam bidang yang saya pilih agar lebih mantap menjalankan misi hidup. Sejak saat itu setiap hari saya mendedikasikan 8 jam waktunya untuk mencari ilmu, mempraktekkan, menuliskannya bersama dengan anak-anak dan suami.  Sehingga dalam jangka waktu kurang lebih 4 tahun, sudah akan terlihat hasilnya.
    Milestone  yang ditetapkan oleh ibu tersebut  adalah sbb  :
    KM 0 – KM 1 ( 2017 ) : Menguasai Ilmu seputar Bunda Sayang
    KM 1 – KM 2 (2018  ) : Menguasai Ilmu seputar Bunda Cekatan
    KM 2 – KM 3 (2019 ) : Menguasai Ilmu seputar Bunda Produktif
    KM 3 – KM 4 ( 2020) : Menguasai Ilmu seputar Bunda shaleha
    Semoga tahapan-tahapan yang saya buat ini diberikan kelancaran, kesahatan, kemudahan oleh Allah SWT.

    f) Koreksi kembali checklist anda di NHW#2, apakah sudah anda masukkan waktu-waktu untuk mempelajari ilmu-ilmu tersebut di atas. Kalau belum segera ubah dan cantumkan.
    Mengenai NHW 2 untuk perbaikannya saya akan buat lebih detail dan saya tempelkan di kamar agar lebih komsiten lagi dan komit dengan jadwal yang telah saya buat. Jika perlu membuat alarm dalam setiap agenda harian yang akan lakukan. Mengenai ilmu2x yang saya pilih alhamdulillah saya setiap hari telah bisa meluangkan waktu untuk belajar sejam sehari.
    g) Bissmillah  dengan ini saya akan memeperbaiki menajemen waktu saya. Melakukan apa yang belum saya lakukan dan menkonsitenkan apa yang telah menjadi kebiasaan baik saya. Sehingga saya menjadi ahli dengan apa yang menjadi pilihan saya.

    Salam Calon  Profesional,

    Rizky Arya Lestari

    Sragen 18 Februari 2017


    Author

    Rizky Arya Lestari

    Saya seorang ibu rumah tangga yang memiliki hobi menulis, tentang parenting, manajemen, keuangan keluarga, dan pengembangan diri.