BLANTERORBITv102

    Learning How to Learn

    Sabtu, 25 Februari 2017


    Minggu ini kami para calon bunda profesional sudah sampai pada minggu ke 5.
    Materi kali ini membahas tentang Bagaimana Cara Belajar. Seperti biasa setelah materi di bahas kami diberi tugas supaya lebih memahami bagaimana kita belajar. Karena menurut saya program IIP ini memang sangat cocok untuk para ibu dan calon ibu agar lebih profesional. Kembali kepada materi yang di bahas. Mengenai bagaimana cara belajar setiap individu memiliki cara belajar masing-masing agar mencapai tujuan apa yang di harapkan dari hasil pembelajaran.

    Untuk saya sendiri mengenai cara belajar yang sering saya lakukan dari kecil hingga sekarang tahapanya sebagai berikut ;
    1. Menentukan tujuan.
    Apa yang menjadi tujuan saya belajar? Dalam hal ini saya belajar untuk memperbaiki diri karena dengan belajar akan meningkat kapasitas yang ada dalam diri saya. Karena saya merupakan tipe orang yang suka belajar. Seperti yang saya utarakan di NHW sebelumnya. Materi apa yang sedang saya pelajari saat ini. Yaitu Manjemen diri, parenting, keluarga, kepenulisan dan bisnis. Alasan saya memilih ini karena dengan memperbaiki diri kita dapat memperbaiki keluarga dan apa yang menjadi pengalaman saya. Saya tuliskan sehigga bisa bermanfaat bagi orang lain. Dan mengenai bisnis karena saya suka dengan bisnis saya bermimpi bisa menjadi penulis yang bermanfaat dengan karya dan mengasihkan secara financial. Aamiin
    2. Langkah Yang harus di tempuh.
    Untuk saat ini karena saya memiliki keterbatasan waktu mengurus pekerjaan domestik dan mengasuh balita. Pembelajaran yang saya lakukan melalui buku-buku, internet, ikut kelas WA, belajar dari mentor melalui You tube dan jika saya memiliki waktu dan diijinkan oleh suami saya ikut seminar di luar.

    3. Mempraktekan apa yang sudah dipelajari.
    Apa yang telah saya tulis biasanya saya praktekan terlebih dahulu. Begitu juga dengan apa-apa yang sedang saya pelajari saya praktekan karena dengan mempraktekannya saya bisa lebih paham. Dan melihat hasilnya. Baik atau tidak, jika kurang baik saya perbaiki jika sudah baik maka di pertahankan.

    4. Evaluasi
    Dalam hal apapun saya selalu melakukan evaluasi karena dengan evaluasi saya dapat mengetahui kemampuan mana yang kurang, mana yang harus di tambah, sudah sesuai dengan tujuan awal apa belum jika belum saya perbaiki. Namun jika sudah optimal maka saya tingkatkan materi yang agar saya naik kelas tentunya.

    Begitulah mengenai cara belajar saya saat ini.
    Semoga bermanfaat.


    Salam Ibu Profesional,



    Author

    Rizky Arya Lestari

    Saya seorang ibu rumah tangga yang memiliki hobi menulis, tentang parenting, manajemen, keuangan keluarga, dan pengembangan diri.