BLANTERORBITv102

    Kemana saja uang THR Anda?

    Selasa, 21 Juni 2016


    Oleh : Rizky Arya Lestari,. S.E,. M.M.

    "Mana THRnya ?." Ditulis seorang teman di akun media sosialnya. Tunjangan Hari Raya merupakan hal yang paling di tunggu-tunggu oleh setiap orang. Baik Anda sebagai seorang pekerja swasta, pemerintah maupun ibu rumah tangga. Seringkali setelah  mendapatkan uang bonus tersebut, anda  langsung membelanjakannya tanpa melakukan pengelolaan anggaran telebih dahulu. Sehingga banyak post tidak sesuai di keluarkan. Yuk sekarang kita  belajar bagaimana mengelola THR anda?

    Melakukan pencatatan  pengeluaran anggaran
    Hal yang pertama Anda lakukan adalah membuat pengeluaran anggaran. Berapa bujet yang akan Anda keluarkan untuk membeli baju lebaran anggota keluarga? Berapa bujet yang digunakan untuk mempersiapkan hidangan di hari lebaran nanti? Siapa saja keluarga yang akan di beri ampau? Jika Anda akan melakukan mudik ke luar kota maupun daerah. Buatlah akomodasi yang akan di keluarkan selama perjalanan pulang dan pergi.

    Tentukan skala prioritas
    Setelah membuat anggaran, Anda prioritaskan, mana yang menjadi kewajiban yang harus segera dibayarkan dan mana yang biasa dicicil pengeluarannya, seperti membeli makanan dan minuman untuk kebutuhan sehari-hari.

    Bayarlah hutang
    Jika anda memiliki hutang kepada orang lain. Maka dahulukan ini terlebih dahulu. Karena di bulan-bulan biasa anda tidak mendapatkan bonus seperti ini. Sehingga ini dapat mengurangi beban Anda.

    Jangan lupa membayar zakat
    Seorang muslim tentunya memiliki kewajiban untuk mensucikan harta yang di sebut dengan zakat. Selain zakat fitrah ada beberapa hak orang lain yang anda harus keluarkan seperti zakat mall, zakat penghasilan d.l.l

    Hindari mengunakan kartu kredit
    Kartu kredit memang mudahkan Anda dalam melakukan aktifitas belanja. Namun kartun ini dapat menjadi bumerang bagi anda sendiri di kemudian hari.

    Tetap lakukan investasi
    Simpanlah 30% dari uang thr yang Anda dapatkan, baik di simpan dalam bentuk tabungan atau emas. Agar Anda memiliki pegangan untuk di kemudian hari.

    Patuhi anggaran yang telah anda buat
    Hal yang paling penting hal ini adalah Anda harus konsisten dengan anggaran yang telah Anda buat. Masih banyak diantara anda yang sering melangar catatan anggaran yang telah di buat dan ini akhirnya menganggu keuangan yang lain.

    Itulah beberapa tips yang dapat anda lakukan dalam mengelola uang THR

    Author

    Rizky Arya Lestari

    Saya seorang ibu rumah tangga yang memiliki hobi menulis, tentang parenting, manajemen, keuangan keluarga, dan pengembangan diri.